Liga Indonesia

Kalah Perdana Usai Persiraja 'Parkir Bus', Pemain Semen Padang Kena Mental

Minggu, 22 Oktober 2023 14:10 WIB
Kontributor: Aldi Aulia Anwar | Editor: Prio Hari Kristanto
© Instagram Semen Padang
Semen Padang FC akhirnya mengalami kekalahan perdana mereka musim ini di tangan Persiraja dan hasil minor itu akan dijadikan bahan evaluasi. Copyright: © Instagram Semen Padang
Semen Padang FC akhirnya mengalami kekalahan perdana mereka musim ini di tangan Persiraja dan hasil minor itu akan dijadikan bahan evaluasi.

INDOSPORT.COM - Semen Padang FC akhirnya mengalami kekalahan perdana mereka musim ini dan kekalahan itu akan dijadikan bahan evaluasi untuk menatap putaran kedua babak grup Liga 2 musim ini.

Diketahui, tim berjuluk Kabau Sirah itu takluk 0-1 atas tuan rumah Persiraja Banda Aceh dalam lanjutan laga keenam Liga 2 2023/2024 di Stadion Harapan Bangsa (SHB), Banda Aceh, Sabtu (21/10/23) malam.

Bahkan Semen Padang menyebut kekalahan ini rak lepas dari tim tuan rumah yang menerapkan strategi bertahan total alias dengan istilah 'parkir bus', saat Persiraja bermain dengan 10 orang usai David Laly mendapat kartu merah langsung di babak kedua (68').

"Kami dari Semen Padang mengucapkan selamat ke Persiraja atas kemenangan hari ini," buka Pelatih Kepala Semen Padang, Delfiadri, dalam temu pers usai pertandingan.

"Game plan kita sebenarnya berjalan, namun mereka (terapkan) parkir bus di bawah. Jadi kita sulit untuk menembusnya. Kalau soal wasit, kita sama-sama tahu ya, dan saya no comment (lebih jauh)," sambung sang pelatih yang juga menjawab pertanyaan awak media terkait sejumlah keputusan wasit yang merugikan timnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, kekalahan perdana ini cukup berdampak pada mental anak asuhnya. Sehingga ini akan dijadikan bahan evaluasi timnya untuk menatap putaran kedua Grup 1 mendatang.

Evaluasi itu, sambung Delfiadri, termasuk kemungkinan menambah amunisi baru, yang mana jendela transfer atau pendaftaran pemain periode kedua dimulai dari tanggal 1 sampai 28 November 2023 mendatang.

Mental Pemain Terguncang

Akan tetapi, evaluasi tidak termasuk dua legiun asing mereka yakni bek asal Korea Selatan, Kim Mingyu, dan bomber asal Nigeria, Kenneth Ikechukwu Ngowake. Khusus nama terakhir, striker 30 tahun itu sudah mengoleksi 5 gol dari 6 laga yang telah dilakoni.

"Tentu mental pemain sedikit terguncang karena kita mengalami kekalahan (pertama), tetapi kita tidak larut di dalam itu. Kita akan bangkit dan bangkit lagi di putaran kedua nanti," ungkapnya.

"Ya tentu kita akan melakukan evaluasi, sejauh mana kekuatan tim kita untuk putaran kedua nanti. Mungkin kita akan menambah satu atau dua pemain lagi untuk menambah kekuatan kita. Untuk legiun asing tidak ada dirombak. Mereka tetap," tutup sang pelatih.

Dengan hasil tersebut, Semen Padang tertahan di posisi runner-up sementara Grup 1 Liga 2 dengan 11 poin, hasil dari 3 menang, 2 seri, dan 1 kali kalah.