In-depth

Mengingat Kembali 3 Kemenangan Terbesar Juventus atas AC Milan: Ada Hujan 10 Gol

Minggu, 22 Oktober 2023 11:49 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Reuters/Daniele Mascolo
Aksi Brahim Diaz saat berduel dengan Alex Sandro dan Arkadiusz Milik dalam pertandingan Liga Italia antara AC Milan vs Juventus Copyright: © Reuters/Daniele Mascolo
Aksi Brahim Diaz saat berduel dengan Alex Sandro dan Arkadiusz Milik dalam pertandingan Liga Italia antara AC Milan vs Juventus

INDOSPORT.COM - Kompetisi Liga Italia (Serie A) 2023-2024 akan menghadirkan big match antara AC Milan vs Juventus yang digelar di San Siro, Senin (23/10/23) pukul 01.45 dini hari WIB.

AC Milan saat ini tengah bercokol di posisi kedua klasemen sementara dengan torehan 21 poin dari 8 laga. Sedangkan Juventus ada di peringkat ke-3 dengan 17 poin dengan jumlah laga yang sama.

Bila menang di kandang, pasukan Stefano Pioli bisa kembali ke posisi puncak Liga Italia. Posisi mereka baru saja digusur oleh Inter Milan yang baru saja menang 3-0 atas Torino.

Kemudian bila Juventus menang di San Siro, mereka masih tertahan di urutan ketiga karena tambahan tiga poin belum mampu untuk menyalip AC Milan.

Si Nyonya Tua memang kesulitan menghadapi tim elite pada musim ini. Mereka baru bisa menang melawan Lazio dan bermain imbang dengan Atalanta.

Namun, torehan tiga kemenangan dalam lima pertandingan terakhir kiranya cukup menjadi bukti, bila skuat besutan Massimiliano Allegri pantang diremehkan.

Mereka bisa saja mempermalukan Rossoneri di San Siro. Apalagi Stefano Pioli dilaporkan tengah menghadapi krisis pemain jelang big match dini hari nanti.

Melansir dari Transfermakt, diketahui ada enam pemain yang berpotensi besar tak bisa tampil memperkuat AC Milan saat hadapi Juventus.

Mereka adalah Mike Maignan, Marco Sportiello, Theo Hernandez, Mattia Caldara, Ismael Bennacer, Ruben Loftus-Cheek, serta Samuel Chukwueze.

Khusus untuk Mike Maignan dan Theo Hernandez, dua pemain Prancis ini tak bisa bertanding lantaran mendapat hukuman kartu di pekan lalu. Sedangkan pemain lain absen karena cedera.

Dalam sejarah kompetisi Liga Italia (Serie A), AC Milan dan Juventus tercatat pernah bertemu sebanyak 176 kali sejak 28 April 1901 silam.

Pertemuan antara Juventus dan Milan sering dianggap mirip dengan Derby d'Italia sebagai cerminan persaingan, baik secara politik maupun ekonomi, yang membelah Kota Milan dan Turin.

Dalam rekor pertemuan, AC Milan tercatat menang 53 kali, imbang 56 kali dan kalah dari Juventus sebanyak 67 kali.

Dari 67 kekalahan, AC Milan tercatat pernah tiga kali menelan kekalahan paling memalukan dari Juventus. Berikut rangkumannya: