Liga Spanyol

Debut Gacor Marc Guiu Buktikan Xavi Tak Main-main Soal Janji Bikin Akademi Barcelona Beken Lagi

Senin, 23 Oktober 2023 08:31 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Website Barcelona
Manajer Barcelona, Xavi Hernandez, puji Marc Guiu yang keluar sebagai pahlawan timnya dalam kemenangan atas Athletic Bilbao di lanjutan Liga Spanyol (La Liga) 2023/2024. Copyright: © Website Barcelona
Manajer Barcelona, Xavi Hernandez, puji Marc Guiu yang keluar sebagai pahlawan timnya dalam kemenangan atas Athletic Bilbao di lanjutan Liga Spanyol (La Liga) 2023/2024.

INDOSPORT.COM - Manajer Barcelona, Xavi Hernandez, puji Marc Guiu yang keluar sebagai pahlawan timnya dalam kemenangan atas Athletic Bilbao di lanjutan Liga Spanyol (La Liga) 2023/2024.

Di laga yang digelar pada Senin (23/10/23) dini hari WIB tersebut, sang penyerang 17 tahun mencetak gol semata wayang kemenangan Los Cules sebagai pemain pengganti.

Hebatnya lagi Guiu baru masuk di lapangan selama 33 detik saja saat mengkonversi assist dari Joao Felix menjadi gol pada menit ke-80.

Opta mencatat jika sebelumnya belum pernah ada pemain Barcelona dengan gol debut secepat Guiu dalam 100 tahun terakhir.

Pada Marca, Xavi mengatakan jika dirinya sepenuhnya yakin dengan kemampuan Guiu menjadi pembeda melawan Bilbao yang ia anggap lawan berat.

Ini sejalan dengan ambisi entrenador 43 tahun itu untuk memberdayakan lagi akademi Barcelona, La Masia, sebagai tulang punggung tim senior.

"Ini adalah kemenangan yang didapat dengan usaha keras. Athletic adalah lawan yang sulit dikalahkan karena mereka sangat berani," beber Xavi.

"Marc Guiu adalah bocah dari La Masia dan berhasil menjadi pahlawan. Saya senang dengan kemenangan ini,"

"Saya memainkan Marc karena saya percaya pada kemampuannya. Secara pribadi pun saya suka padanya,"

"Tidak pernah ada masalah untuk memanfaatkan pemain akademi. Yang perlu saya lakukan hanya memberi mereka (pemain muda) kepercayaan yang sudah Barcelona berikan pada saya ketika masih remaja," pungkasnya kemudian.