Liga 1

Persik Kediri dalam Performa Meningkat di Liga 1, Bagaimana Statistiknya?

Senin, 23 Oktober 2023 16:35 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Herry Ibrahim
© MO Persik Kediri
Selebrasi Pemain Persik, Renan Silva bersama rekan timnya usai menceta gol ke gawang Persik pada lanjutan laga BRI Liga 2 2023-2024 di Stadion Maguwoharjo, Sabtu (21/10/23). (Foto: MO Persik Kediri) Copyright: © MO Persik Kediri
Selebrasi Pemain Persik, Renan Silva bersama rekan timnya usai menceta gol ke gawang Persik pada lanjutan laga BRI Liga 2 2023-2024 di Stadion Maguwoharjo, Sabtu (21/10/23). (Foto: MO Persik Kediri)

INDOSPORT.COM - Secara sekilas, grafik Persik Kediri tampak datar-datar saja selama mengarungi 5 pekan terakhir Liga 1 2023/2024. Posisi mereka tetap berada di papan tengah.

Namun jika ditelisik, performa Arthur Irawan dkk sedang dalam grafik meningkat. Kendati pada laga terakhir, misi membawa pulang poin penuh gagal terlaksana.

Ya, tim berjulukan Macan Putih itu mesti puas membawa pulang hanya 1 angka setelah bermain imbang 2-2 kontra PSS Sleman di Stadion Maguwoharjo, Sabtu (21/10/23).

Kendati sejatinya Persik Kediri nyaris merangkum laga dengan poin penuh. Flavio Silva sukses membalikkan skor dari golnya menit 41 dan 66.

PSS Sleman kemudian memaksakan hasil imbang melalui gol yang dicetak Esteban Vizcarra menit 67, setelah unggul lebih dulu sejak menit 21 lewat Wahyudi Hamisi.

"Pertandingan yang sangat menarik, seru dan berlangsung sulit untuk kami. Kedua tim sedang membutuhkan tambahan poin," bilang Marcelo Rospide.

"Meski punya peluang menang, tapi kami juga nyaris kalah. Pertandingan yang cukup menguras banyak emosi," imbuh Pelatih Persik Kediri asal Brasil tersebut.

Hasil itu pun tak mengubah posisi Tim Macan Putih di klasemen Liga 1. Mereka tetap menempati urutan 12 dengan 20 poin (5 menang, 5 seri dan 6 kali kalah).

"Saya pikir, hasil satu angka ini cukup adil untuk dua tim. Kami fokus lagi untuk dapat hasil lebih baik pada laga selanjutnya," beber Rospide.

Kendati demikian, performa tim peraih juara Liga Indonesia 2003 dan 2006 itu dinilai meningkat. Bagaimana statistik peningkatan performa Persik?

Tak Terkalahkan

Sejak dikalahkan Persija Jakarta 1-2 di Kediri (17/9/23), Persik Kediri tampil tangguh dengan tak tersentuh kekalahan lagi selama 4 laga berikutnya.

Sayang, periode itu berujung hasil yang tak maksimal. Persik hanya meraup 8 angka dari kemenangan atas Persikabo 3-2 (23/9/23) dan Bhayangkara FC 2-0 (30/9/23).

Sementara 2 laga lainnya berujung 2 angka. Yaitu saat Persik menahan imbang 2-2 Persita Tangerang (8/10/23) dan PSS Sleman (21/10/23).

Konsisten Cetak Gol

Selama periode itu pula, Marcelo Rospide sudah tak pusing lagi perihal tumbangnya para juru gedor tim. Persik secara konsisten mencetak gol dalam 4 laga.

Apalagi, Anderson Nascimento dkk juga meraup 8 angka dari 4 laga itu. Lini serang menghasilkan 9 gol dan kebobolan 6 gol lawan.

Mohammad Khanafi menyumbang 4 gol (plus 1 gol lawan Persija). Lalu 3 gol lain dicatat Flavio Silva, serta 1 gol dari Anderson Nascimento dan Jeam Kelly Sroyer.

Semakin Komplit

Rangkaian hasil positif itu juga tak lepas dari semakin komplitnya komposisi pemain andalan Persik Kediri. Badai cedera anak asuh Marcelo Rospide mulai reda.

Flavio Silva kembali tajam, plus come back-nya Simen Lyngbo di sektor pertahanan. Praktis, hanya Jefinho saja penghuni lini serang yang masih cedera.