Liga 1

Statistik Miswar Saputra, Kiper Anyar Persik Kediri yang Sempat Tak Punya Klub

Rabu, 18 Oktober 2023 11:15 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Indra Citra Sena
© MO Persik Kediri
Persik Kediri merekrut kiper Miswar Saputra. (Foto: MO Persik Kediri) Copyright: © MO Persik Kediri
Persik Kediri merekrut kiper Miswar Saputra. (Foto: MO Persik Kediri)

INDOSPORT.COM - Persik Kediri memulai aktivitas transfer window Liga 1 Indonesia 2023/24 menjelang periode kedua dibuka pada 1 November nanti.

Sasaran pertama ada di sektor penjaga gawang. Miswar Saputra menjadi rekrutan teranyar tim berjulukan Macan Putih di detik-detik memasuki paruh musim.

Pesepak bola kelahiran Aceh Pidie berusia 27 tahun itu melengkapi komposisi kiper yang ada di Persik saat ini. Kehadirannya menjaga kedalaman skuat.

"Kami membutuhkan empat kiper, sehingga saya senang dengan kedatangan Miswar Saputra," tutur pelatih Persik Kediri, Marcelo Rospide, Selasa (17/10/23).

Empat kiper Persik antara lain Kurniawan Kartika Ajie, Dikri Yusron Afafa, Eko Saputro, dan Miswar Saputra. Lantas, bagaimana status Djiwa Herlando Poetra?

Diketahui, kiper yang baru menginjak usia 19 tahun itu sempat diberi kesempatan promosi ke tim senior sejak awal Liga 1 musim ini.

"Djiwa Herlando sementara fokus (untuk membantu) tim EPA (Persik Kediri di Liga 1 U-20)," sambung juru taktik berkebangsaan Brasil tersebut.

Miswar Saputra memang salah satu kiper berpengalaman yang sudah malang melintang di level kompetisi Liga 1. Masalahnya, dia datang berstatus tanpa klub alias menganggur.

"Kami menyiapkan program yang pas agar kondisi fisiknya siap. Dia pemain bagus dan bisa membantu tim ini," cetus Narcelo Rospide.

Lantas, bagaimana statistik yang pernah ditorehkan oleh kiper yang terakhir kali memperkuat Madura United pada Liga 1 2022/23 tersebut?

Level Liga 1

Pertimbangan Persik Kediri merekrut Miswar Saputra tidak bisa lepas dari pengalaman level Liga 1 yang membuatnya siap pakai pada putaran kedua nanti.

Dalam lima musim terakhir, kiprahnya memang hilir mudik di sejumlah tim Liga 1. Miswar memulainya saat membela Persebaya Surabaya periode 2018-2019.

Selepas di Surabaya, Miswar kemudian memperkuat PSM Makassar (2020). Setelah itu, dia singgah ke PSS Sleman (2021-2022) dan Madura United (2022-2023).

Konsisten Tampil

Status tanpa klub yang disandang Miswar Saputra menjadi pertanyaan besar lantaran sejatinya dia konsisten tampil untuk empat klub yang diperkuat dalam lima musim terakhir.

Aksi terbaiknya adalah memperkuat Persebaya di Liga 1 2018 dan 2019. Dia hanya absen lima kali alias mencatat total 63 penampilan.

Setelah itu, perannya semakin menurun. Miswar mencatat 27 penampilan untuk PSS Sleman dan hanya 14 kali terpilih sebagai starter selama di Madura United.

Caps Internasional

Soccerway mencatat, Miswar Saputra memang tak pernah membela timnas Indonesia sepanjang karirrnya sebagai kiper profesional di Liga 1.

Namun, Miswar mencatat caps internasional kala membela PSM Makassar. Miswar empat kali tampil bersama Tim Juku Eja ketika berlaga di Piala AFC 2020/21 lalu.