Liga 1

Gagal Menang 4 Laga Beruntun di Liga 1, Persija Akan Evaluasi Thomas Doll & Beli Pemain Baru

Selasa, 24 Oktober 2023 22:13 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Juni Adi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pemain Persija, Resky Fandi mencoba mengolongi bek RANS Nusantara FCd alam laga pekan ke-16 Liga 1 2023/2024 di Stadion Patriot, Minggu (22/10/23). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pemain Persija, Resky Fandi mencoba mengolongi bek RANS Nusantara FCd alam laga pekan ke-16 Liga 1 2023/2024 di Stadion Patriot, Minggu (22/10/23).

INDOSPORT.COM - Direktur utama Persija Jakarta, Ambono Janurianto angkat bicara usai kekalahan 1-2 dari RANS Nusantara pada pekan ke-16 Liga 1 2023/24. Dia mengatakan akan lakukan evaluasi secara menyeluruh.

Ambono memahami kekecewaan suporter setelah tidak pernah menang dalam empat laga terakhir. Bahkan, tim Ibu Kota juga gagal raih poin penuh di enam laga kandang terakhir Liga 1 2023. 

Menurutnya, ada beberapa faktor yang membuat performa Persija tidak segarang musim lalu. Karena itu, manajemen tim Macan Kemayoran akan lakukan evaluasi.

“Hasil minor tersebut menjadi pukulan telak bagi Persija. Kami gagal meraih kemenangan di enam laga kandang terakhir. Selain itu, kami pun gagal menjaga kesucian partai kandang yang telah dijalani sejak musim lalu,” ujar Ambono dalam rilis klub.

“Tapi, ada beberapa momen terjadi di luar kendali kami yang menyebabkan Persija tidak bisa meraih hasil positif,” imbuhnya.

“Kami menyadari banyak aspek yang harus dibenahi di area teknis. Kondisi ini makin mempertegas bahwa evaluasi akan terus dilakukan,” tambah Dirut Persija.

Lebih lanjut, Ambono menjelaskan, pihaknya segera berbenah menyambut putaran kedua Liga 1 2023. Manajemen Persija sudah dapatkan sponsor baru, untuk mendukung belanja pemain.

Tapi, manajemen Persija juga tetap lakukan evaluasi terhadap tim pelatih. Sebab, performa tim di dalam lapangan, tak lepas dari tanggung jawab Thomas Doll.

“Mengarungi putaran kedua, manajemen Persija terus memantau kinerja Thomas Doll dan staffnya. Namun akan tetap mendukung, terutama dalam komposisi pemain yang dibutuhkan,” ujar Ambono.

“Untuk itu manajemen sudah mendapatkan kerja sama komersial baru agar hal tersebut dapat terwujud,” sambungnya.

Dirut Persija menegaskan, tidak ada kata menyerah dalam kamus klub. Manajemen akan berkerja keras, supaya bisa mengembalikan kepercayaan Jakmania. 

“Meski Persija dalam periode negatif seperti ini, kami tekankan bahwa motivasi untuk mengakhiri musim dengan hasil gemilang tak tereduksi. Api semangat tetap menggelora di tubuh kami, Persija,” tandasnya.

Ambono berharap Jakmania tidak meninggalkan klub di tengah situasi yang kurang ideal. Dia mengatakan Persija perlu dukungan Jakmania supaya lekas bangkit.

“Kami sadar Jakmania kecewa melihat rentetan hasil kurang memuaskan. Namun dalam kondisi yang tak baik ini, mari kita tetap bergandengan tangan, melangkah bersama, hingga saatnya kita berlari berdampingan untuk menyalip para pesaing di sisa musim yang masih panjang ini,” ujar Ambono.

“Gundah tentu akan muncul di hati kita, tapi usaha dan doa harus tetap mengalir untuk menggugah motivasi meraih kejayaan di setiap laga,” tuntasnya.

Persija saat ini menempati peringkat 11 klasemen sementara Liga 1 2023. Macan Kemayoran kumpulkan 20 poin dari 16 pertandingan. 

Riko Simanjuntak dan kolega baru meraih empat kemenangan, delapan hasil imbang dan empat kali telan kekalahan.