Liga 1

Gol Persija Dianulir Wasit, Fans Persib Auto Kangen Ezechiel N'Douassel 2017

Senin, 23 Oktober 2023 12:10 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll bersama para asistennya menghampiri wasit Naufal Adya Fairuski dan melakukan protes usai laga kontra RANS Nusantara FC. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll bersama para asistennya menghampiri wasit Naufal Adya Fairuski dan melakukan protes usai laga kontra RANS Nusantara FC.

INDOSPORT.COM - Gol Persija Jakarta ke gawang RANS Nusantara FC di Liga 1 dianulir wasit, membuat fans Persib Bandung auto kangen dengan 'King' Ezechiel N'Douassel.

Persija harus mengakui keunggulan RANS Nusantara FC pada pekan ke-16 Liga 1 2023/2024. Bermain di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Macan Kemayoran takluk di angka 1-2.

Bahkan, Persija Jakarta tertinggal terlebih dua gol terlebih dahulu oleh RANS Nusantara. Evandro Brandao dan Angelo Meneses secara bergantian merobek jala Cahya Supriadi.

Dua gol RANS Nusantara FC hanya mampu dibalas satu gol oleh Persija Jakarta. Yakni lewat tandukan Muhammad Ferrari.

Persija Jakarta sejatinya mampu menyamakan kedudukan andai gol Witan Sulaemen pada menit 93 disahkan oleh wasit Naufal Adya Fairuski.

Kejadian tersebut terjadi saat kemelut di depan gawang RANS Nusantara FC. Witan Sulaeman berhasil melepaskan tembakan ke gawang, tetapi bolanya memantul keluar.

Jika dilihat dari siaran ulang, bola memang sudah 100 persen melewati gawang, tetapi wasit justru tidak mengesahkan gol tersebut.

Witan Sulaeman gagal catatkan namanya di papan skor, sehingga Persija Jakarta harus menelan kekalahan. Macan Kemayoran kini tercecer ke peringkat 11 klasemen Liga 1.

Rivalitas antara Persija Jakarta dan Persib Bandung kembali menyeruak. Fans Persib menilai ini adalah karma karena gol Ezechiel N'Douassel juga pernah dianulir saat melawan Persija.

Kasus itu terjadi saat Ezechiel N'Douassel masih membela Persib Bandung di Liga 1 2017 lalu. Wasit Shaun Evans tidak mengesahkan gol Eze, sehingga Persib memilih walk out.

Flashback Gol Ezechiel N'Douassel

© Arif Rahman/INDOSPORT
Ezechiel pada laga Persib vs Persija. Copyright: Arif Rahman/INDOSPORTEzechiel N'Douassel pada laga Persib Bandung vs Persija Jakarta.

Pertandingan Liga 1 Persija Jakarta vs Persib Bandung dihelat di Stadion Manahan Solo, 3 November 2017. Laga dipimpin wasit Shaun Evans, skor imbang 0-0 di babak pertama.

Pada menit ke-27, penyerang Persib Bandung, Ezechiel N'Douassel sempat mencetak gol setelah mendapat umpan dari bek sayap Supardi Nasir, tetapi dianulir oleh wasit.

Dari tayangan ulang, bola juga terlihat menyentuh jaring atas dalam gawang Persija. Para pemain Maung Bandung ajukan protes, tetapi wasit tetap pada keputusannya.

Maka dari itu, ketika gol Witan Sulaeman dianulir wasit dan Persija kalah di kandang, fans Persib Bandung menyebut hal itu ialah karma terkait kasus Ezechiel N'Douassel lalu.

"Sebagai penonton, saya melihat itu memang masuk. Begitu juga saat gol King Eze 2017, saya yakin penonton juga melihat bola itu sudah masuk," kata pemilik akun IG @fikr***.

"Iya pas gol Eze The Jak pada diam aja, sekarang mereka rasain karmanya," timpal pemilik akun Instagram @ikhw***.

"Keulang lagi waktu gol Eze, dan dulu fans Oren (Persija) bilang: kalah kalah aja, nggak usah nyalahin wasit," balasan lainnya dari akun @eka_j***.

"Gimana rasanya? Dulu Persib juga digituin sama Persija. Itulah pembalasan. Rasain aja ya karma dari Persib haha," ungkap pemilik akun Instagram @palingpe***.

Berikut cuplikan video detik-detik gol Witan Sulaeman yang dianulir oleh wasit, dalam laga Persija Jakarta vs RANS Nusantara FC.