Liga 1

Gol Persija Lewati Garis Gawang Tak Dianggap, Liga 1 Darurat VAR

Senin, 23 Oktober 2023 20:18 WIB
Penulis: Yudha Riefwan Najib | Editor:
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Liga 1 darurat Video Assistant Referee (VAR), setelah gol Persija Jakarta lewati garis gawang tak dianggap. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Liga 1 darurat Video Assistant Referee (VAR), setelah gol Persija Jakarta lewati garis gawang tak dianggap.

INDOSPORT.COM - Liga 1 darurat Video Assistant Referee (VAR), setelah gol Persija Jakarta lewati garis gawang tak dianggap yang berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga, Minggu (22/10/23).

Persija Jakarta memiliki kesempatan untuk menjamu RANS Nusantara pada pekan ke-16 Liga 1 2023-2024, tetapi hasil akhirnya tidak seperti yang diinginkan.

Hal tersebut dikarenakan Persija Jakarta harus menelan kekalahan dari RANS Nusantara dengan kedudukan 1-2.

Gol Evandro Brandao (11') dan Angelo (56') mengantarkan RANS memetik kemenangan tandang. Sedangkan, gol semata wayang dicetak oleh Muhammad Ferarri di menit ke-58.

Sebenarnya, Persija Jakarta mampu menyamakan kedudukan andai saja gol Witan Sulaeman di menit ke-93 disahkan oleh wasit, Naufal Adya Fairuski.

Namun, wasit justru tidak mengakui hal tersebut sebagai gol, meski bola terlihat sudah melewati garis gawang.

Keadaan di atas lantas membuat Liga 1 dinilai harus segera menggunakan perangkat VAR agar kesalahan dari wasit bisa diminimalisir.

Selain itu, penggunaan VAR dibutuhkan agar tidak ada tim yang dirugikan oleh keputusan kurang tepat dari wasit.

Dalam kasus Persija Jakarta kontra RANS Nusantara, VAR bisa sangat berguna untuk mengecek keabsahan gol Witan Sulaeman.

Tak hanya itu, VAR sangat berguna untuk memeriksa beberapa detail yang tidak mampu dijangkau oleh wasit Liga 1. Sehingga, kasus gol Persija Jakarta yang dicetak oleh Witan Sulaeman ke gawang RANS tidak terulang lagi.