In-depth

Profil Marc Guiu, Bocah Ajaib Barcelona yang Siap Panaskan Piala Dunia U-17 Indonesia

Rabu, 25 Oktober 2023 16:57 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© REUTERS/Albert Gea
Selebrasi Marc Guiu usai mencetak gol di laga Barcelona vs Athletic Bilbao. (Foto: REUTERS/Albert Gea) Copyright: © REUTERS/Albert Gea
Selebrasi Marc Guiu usai mencetak gol di laga Barcelona vs Athletic Bilbao. (Foto: REUTERS/Albert Gea)

INDOSPORT.COM - Profil Marc Guiu, bocah ajaib milik raksasa Liga Spanyol (La Liga), Barcelona yang siap panaskan Piala Dunia U-17 2023 Indonesia bisa kalian simak di artikel ini.

Seperti diketahui, Marc Guiu baru saja menjadi sorotan setelah mencatatkan debut istimewa bersama skuat senior Barcelona.

Di laga lanjutan Liga Spanyol pada Senin (23/10/23) dini hari WIB, Marc Guiu mencetak gol semata wayang kemenangan Barcelona sebagai pemain pengganti atas Athletic Bilbao.

Hebatnya lagi ia baru masuk di lapangan selama 33 detik saja saat mengkonversi assist dari Joao Felix menjadi gol pada menit ke-80.

Opta mencatat jika sebelumnya belum pernah ada pemain Blaugrana dengan gol debut secepat Marc Guiu dalam 100 tahun terakhir.

Marc Guiu lahir di Sant Celoni pada 4 Januari 2006 silam. Kiprahnya sendiri bermula di Sant Celoni Barca yang merupakan klub dari fans Blaugrana.

Berawal dari klub sepak bola bikinan fans Barcelona itu, Guiu kemudian melanjutkan kiprahnya ke La Masia terhitung sejak 2013 atau saat usianya tujuh tahun.

Butuh waktu 10 tahun lamanya bagi Guiu berhasil menembus tim utama Barcelona, kala dirinya dibawa Xavi Hernandez dalam tur pramusim.

Dalam tur pramusim Barcelona melawan Vissel Kobe itu, Guiu melakoni debut tak resmi dengan menggantikan Robert Lewandowski.

Karena sudah mulai masuk tim utama sejak pramusim, Guiu baru mendapat kesempatan debutnya kala melawan Bilbao, di mana ia berhasil mencetak gol di laga debutnya itu.

Performa gemilanya tersebut membuat pelatih Timnas Spanyol U-17 yakni Jose Lana bakal memboyongnya ke Indonesia ikut Piala Dunia U-17 2023.

Timnas Spanyol U-17 baru saja memberikan pengumuman kalau mereka sudah memanggil 21 pemain termasuk Marc Guiu untuk diboyong ke Indonesia.