Timnas Indonesia

Erick Thohir Bicara Peluang Naturalisasi Jay Idzes Usai Divonis Penyakit Serius

Kamis, 26 Oktober 2023 18:55 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Instagram@jayidzes
Jay Idzes, pemain Venezia FC. (Foto: Instagram@jayidzes) Copyright: © Instagram@jayidzes
Jay Idzes, pemain Venezia FC. (Foto: Instagram@jayidzes)

INDOSPORT.COM - Calon pemain naturalisasi timnas Indonesia, Jay Idzes, belakangan dilaporkan mengalami sakit cukup serius. Dia didiagnosa trombosis vena atau masalah paru-paru akibat pembekuan pembuluh darah vena.

Klub Jay Idzes, Venezia FC mengonfirmasi sempat dibawa ke rumah sakit, lalu sudah diperbolehkan pulang. Tapi kondisi kesehatannya terus dipantau.

Laman resmi Venezia FC menambahkan bahwa saat ini kondisi fisik bek berusia 23 tahun itu ikut membaik, tapi Jay Idzes belum bisa kembali berlatih.

Situasi itu menimbulkan banyak pertanyaan terkit proses naturalisasi Jay Idzes. Pasalnya, dia sudah bertemu PSSI dan dokumen naturalisasinya sedang diproses.

Menanggapi situasi tersebut, Ketum Erick Thohir menyatakan tidak ada masalah dan proses naturalisasi masih berlanjut. Dia menilai pasang surut bagi pesepak bola profesional adalah hal biasa.

“Itu kan yang namanya pemain ada up and down. Tapi kalau kita lihat, dia bisa main di Serie B Italia, bersama Venezia, itu bukan kaleng-kaleng,” ujar Erick Thohir.

Sebagai informasi, Jay Idzes merupakan pemain keturunan yang mendapat lampu hijau dari pelatih Shin Tae-yong untuk dinaturalisasi. Dia diproyeksikan menambah kekuatan skuad Garuda di Piala Asia 2024 dan Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Jay merupakan pemain keturunan atau mendapat garis keturunan Indonesia dari kakek dan neneknya. Tapi, kedua orang tua kini tinggal di Belanda.

Arya Sinulingga selaku Exco PSSI menyampaikan, proses Jay Idzes ini sudah diteruskan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) ke Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).