In-depth

Melihat Catatan Persib Bandung di Liga 1 Tanpa David da Silva

Kamis, 26 Oktober 2023 11:00 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Isman Fadil
© Arif Rahman/INDOSPORT
Penyerahan penghargaan APPI bulan Oktober kepada Striker Persib Bandung, David da Silva di Stadion GBLA. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Penyerahan penghargaan APPI bulan Oktober kepada Striker Persib Bandung, David da Silva di Stadion GBLA.

INDOSPORT.COM - Persib Bandung mengandalkan David da Silva, sebagai ujung tombak pada kompetisi Liga 1 2023-2024 baik itu saat dilatih oleh pelatih Luis Milla maupun Bojan Hodak.

Hingga pekan ke-16 kompetisi Liga 1 2023-2024, mantan pemain Persebaya Surabaya ini sudah tampil dalam 14 pertandingan, dengan mengumpulkan 1.173 menit bermain.

Selain itu, dari 14 pertandingan yang sudah dilakoninya di kompetisi Liga 1 2023-2024, David da Silva berhasil menyumbang 10 gol bagi tim kebanggaan Bobotoh.

Torehan gol yang dicetak David da Silva dalam 14 pertandingan, membuatnya menjadi salah satu pemain subur di kompetisi Liga 1 2023-2024 dan bersaing menjadi topskor bersama striker Arema FC Gustavo Almeida.

Selain itu, dari 10 gol tersebut, 8 diantaranya dicetak oleh David da Silva pada enam pertandingan terakhir di kompetisi Liga 1 2023-2024, bahkan pada pekan ke-14 dia berhasil mencetak hattrick ke gawang Persita Tangerang.

David da Silva sempat absen dalam dua pertandingan kompetisi Liga 1 2023-2024, yakni pada pekan kesembilan dan 10, menghadapi PSIS Semarang serta RANS Nusantara FC.

Pada dua pertandingan tersebut, pelatih Persib, Bojan Hodak, harus memutar otak untuk mengisi posisi lini depan.

Meski demikian, pemain yang mendapat kesempatan bermain bisa menjawab kepercayaan yang diberikan oleh pelatih dengan maksimal.

Saat menghadapi PSIS Semarang, Ezra Walian dipasang untuk menggantikan peran David da Silva. Pada laga tandang tersebut, tim kebanggaan Bobotoh berhasil meraih kemenangan dengan skor 2-1.

Dua gol kemenangan Persib pada pertandingan pekan kesembilan tersebut, dicetak oleh pemain yang berposisi sebagai gelandang yakni Marc Klok.

Selanjutnya, pada pertandingan kandang menghadapi RANS Nusantara FC di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Sabtu (26/08/23).

Pada pertandingan yang dimulai pada pukul 19.00 WIB tersebut, David da Silva masih absen, lini depan skuad Maung Bandung diisi oleh Ciro Alves.

Meski tanpa David da Silva, Persib berhasil meraih kemenangan, pada pertandingan kandang Liga 1 2023-2024 atas RANS Nusantara FC dengan skor 2-1. 

Dua gol kemenangan Persib pada pertandingan pekan ke-10 kompetisi Liga 1 2023-2024 dicetak melalui Frets Butuan (15') dan Marc Klok (63'). 

Melihat dua pertandingan tersebut tanpa striker andalan, Persib berhasil melaluinya dengan kemenangan, hal itu membuktikan jika posisi apapun di skuat Maung Bandung bisa mencetak gol.

Selain itu, beberapa pemain lainnya yang bukan striker bisa menyumbangkan gol bagi Persib Bandung, di antaranya Rachmat Irianto yang berposisi sebagai bek. 

Gol tersebut, dicetak Rian sapaan akrabnya pada pertandingan kandang menghadapi Dewa United, pada pekan ke-3 kompetisi Liga 1 2023-2024.

Kemudian, Edo Febriansah, pemain yang berposisi sebagai bek kiri, berhasil mencetak satu gol pada pertandingan kandang menghadapi Persita Tangerang.

Selanjutnya, Levy Madinda yang berposisi sebagai gelandang, pemain asal Gabon ini mencetak satu gol pada pertandingan kandang menghadapi Barito Putera. Marc Klok mengoleksi empat gol.

Sedangkan di posisi sayap Persib di kompetisi Liga 1 2023-2024, Frets Butuan berhasil mencetak dua gol, Ezra Walian dua gol, Ryan Kurnia satu gol dan Ciro Alves enam gol.