In-depth

Sejarah Kopa Trophy, Penghargaan Pemain Muda Terbaik untuk Bellingham Warisan Legenda Real Madrid

Selasa, 31 Oktober 2023 12:31 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© REUTERS/Albert Gea
Bintang Real Madrid, Jude Bellingham, menerima anuegrah Kopa Trophy pada Selasa (31/10/23) dalam ajang Ballon d'Or 2023. (Foto: REUTERS/Albert Gea) Copyright: © REUTERS/Albert Gea
Bintang Real Madrid, Jude Bellingham, menerima anuegrah Kopa Trophy pada Selasa (31/10/23) dalam ajang Ballon d'Or 2023. (Foto: REUTERS/Albert Gea)

INDOSPORT.COM - Bintang Real Madrid, Jude Bellingham, menerima anuegrah Kopa Trophy pada Selasa (31/10/23) dalam ajang Ballon d'Or 2023.

Penghargaan tersebut diberikan padanya karena dianggap sebagai pemain muda terbaik di dunia dalam satu tahun terakhir.

Ini adalah kali pertama pesepakbola asal Inggris bisa memenangkan Kopa Trophy. Paling banter, mereka dulu hanya bisa menjadi runner-up.

Jadon Sancho menempati posisi kedua dalam voting untuk edisi 2019 lalu yang dimenangkan oleh wonderkid Belanda, Matthijs de Ligt.

Bellingham sendiri juga kebagian menjadi runner-up pada 2021 silam ketika total 50 suara membedakannya dengan Pedri yang keluar sebagai pemenang.

Kopa Trophy sendiri merupakan salah satu ajang penghargaan yang masih muda, sesuai dengan targetnya.

Layaknya Ballon d'Or yang jadi anugerah untuk pemain terbaik secara menyeluruh tanpa memandang usia, Kopa Trophy juga dibuat oleh media sepakbola Prancis yakni France Football.

Ia setara dengan Golden Boy yang juga diadakan oleh surat kabar ternama Italia, Tuttosport, namun dengan cakupan nominee yang lebih luas.

Untuk bisa memenangkan Kopa Trophy, seorang pemain tidak perlu berkarier di Eropa namun Golden Boy hanya mencakup mereka yang merumput di benua biru saja.

Perlu anda ketahui, Kopa Trophy yang baru diselenggarakan sejak 2018 terinspirasi dari sosok Raymond Kopa.

Layaknya Jude Bellingham, rupanya ia pun seorang penggawa Real Madrid namun di masa lampau.

Kopa memperkuat El Real selama tiga musim dari 1956 sampai 1959. Meski singkat, sang penyerang Prancis punya karier brilian di ibu kota Spanyol.