Liga 1

Jadi Korban Pertama Persib Bandung, Eriyanto Dipinjamkan ke PSPS Riau

Rabu, 1 November 2023 13:35 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Isman Fadil
© Arif Rahman/Indosport.com
Ezra Walian, mencoba melawati Eriyanto saat game internal Persib Bandung di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Sabtu (21/05/22). Copyright: © Arif Rahman/Indosport.com
Ezra Walian, mencoba melawati Eriyanto saat game internal Persib Bandung di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Sabtu (21/05/22).

INDOSPORT.COM - Eriyanto menjadi korban pertama Persib Bandung, yang dipinjamkan ke klub Liga 2 PSPS Riau, menjelang bergulirnya putaran kedua kompetisi Liga 1 2023-2024.

Manajemen Persib terpaksa melepas Eriyanto ke PSPS setelah berakhirnya putaran pertama kompetisi Liga 1 2023-2024, karena hal itu merupakan permintaan dari pemain itu sendiri dan atas rekomendasi dari pelatih Bojan Hodak.

Bojan Hodak membernarkan jika Eriyanto dipinjamkan ke PSPS, menurutnya keputusan tersebut merupakan langkah yang tepat. Karena, bersama Persib pemain yang berposisi sebagai bek kanan itu tidak mendapatkan menit bermain.

Sehingga menurut pelatih asal Kroasia ini, dengan memperkuat tim lain maka anak asuhnya itu bisa bisa lebih berkembang karena bakal mendapatkan kesempatan bermain lebih banyak.

"Saya pikir Eriyanto melakukan hal yang baik. Karena tidak mendapatkan menit bermain di sini. dia harus bermain di tim lain. Hal itu akan menjadi sesuatu yang fantastis," kata Bojan, Selasa (31/10/23).

Lebih lanjut Bojan Hodak menuturkan, selama dipinjamkan permainan Eriyanto akan tetap dipantau olehnya, seperti yang sudah dilakukan kepada Henhen Herdiana yang saat ini dipinjamkan ke Dewa United.

"Kami mengikuti semua pertandingan. Kami mempunyai pemain yang dipinjamkan seperti Henhen yang bermain sangat baik bersama Dewa United," ucapnya.

Sebagai pelatih, Bojan Hodak berharap Eriyanto bisa mendapatkan banyak kesempatan bertanding di Liga 2 dan dapat menampilkan permainan terbaiknya, karena peluang untuk kembali ke Persib sangat terbuka.

"Jadi apabila dia bermain di tim lain terlebih dahulu akan sangat bagus buat dia dan klub. Jadi, dia masih akan bisa kembali di waktu yang lain," jelasnya.

Sementara itu, Eriyanto merupakan mantan pemain Timnas Indonesia U-19, Eriyanto, pernah melejit saat menjadi kapten terbaik Milan Junior Camp Day Tournament 2010.

Eriyanto menjadi bagian dari pesepak bola muda Indonesia yang tergabung dalam The All Star Team Milan Junior Camp besutan Yeyen Tumena.

Tim tersebut berhasil mencatatkan sejarah dengan meraih juara Milan Junior Camp Day Tournament yang berlangsung di Italia. Eriyanto keluar sebagai kapten terbaik.

Selepas sukses bersama Milan Junior, Eriyanto kembali meraih prestasi dengan membawa Timnas Indonesia U-19 menyabet juara HKFA International Youth Football Invitation Tournament 2012 di Hong Kong.

Eriyanto direkrut Persib, untuk persiapan menghadapi kompetisi Liga 1 2022-2023, saat itu dia diumumkan sebagai rekrutan anyar skuad Maung Bandung melalui media sosial tim, salah satunya Instagram @persib, Selasa (26/04/22).

Pada kompetisi Liga 1 2022-2023, Eriyanto tidak mendapatkan kesempatan bermain, dan hanya masuk dalam daftar susunan pemain (DSP) pada 18 pertandingan.

Namanya masuk dalam DSP, saat Persib menghadapi Madura United, PSS Sleman, Bali United, PSM Makassar, RANS Nusantara FC, Arema FC, Barito Putera, Persik Kediri, Dewa United, Persis Solo, Persita Tangerang, Persikabo, Persija Jakarta. 

Kemudian pada putaran kedua kompetisi Liga 1 2022-2023, masuk dalam DSP pada pertandingan menghadapi RANS Nusantara FC, Barito Putera, Persebaya Surabaya, Bhayangkara FC dan Persikabo 1973.

Sama seperti musim sebelumnya, pada putaran pertama kompetisi Liga 1 2023-2024, Eriyanto kembali tidak mendapatkan kesempatan bermain di tim Persib, karena harus bersaing dengan beberapa pemain lainnya.

Selain itu, dari 17 pertandingan di putaran pertama kompetisi Liga 1 2023-2024, Eriyanto hanya masuk dalam daftar susunan pemain (DSP) di enam pertandingan.

Sehingga, saat memasuki putaran kedua kompetisi Liga 1 2023-2024, Eriyanto akhirnya dipinjamkan ke klub Liga 2 2023-2024, PSPS Riau.