Liga 1

Rumor Transfer Liga 1: Barito Putera Cuci Gudang, Sosok Ini Gantikan Konate?

Jumat, 3 November 2023 13:20 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
© Arif Rahman/INDOSPORT
Rumor transfer Liga 1 memanas karena bursa transfer paruh musim dibuka per bulan November ini, Barito Putera kabarnya akan cuci gudang pemain asing. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Rumor transfer Liga 1 memanas karena bursa transfer paruh musim dibuka per bulan November ini, Barito Putera kabarnya akan cuci gudang pemain asing.

INDOSPORT.COM - Rumor transfer Liga 1 memanas karena bursa transfer paruh musim dibuka per bulan November ini, Barito Putera kabarnya akan cuci gudang pemain asing.

Barito Putera sejauh ini memiliki enam pemain asing di Liga 1, mulai dari Gustavo Tocantins, Murilo Otavio Mendes, Makan Konate, Mike Ott, Renan Alves, hingga Carli de Murga.

Namun, tidak semua pemain asing Barito memiliki performa yang bagus, sehingga tim pelatih berencana untuk menukar beberapa pemain asing Barito dengan pemain anyar.

Awalnya Gustavo Tocantins nyaris terjual karena cukup laku di pasaran, tetapi Barito urung melepas karena perannya cukup vital di lini depan Laskar Antasari musim ini.

"Seperti yang santer dibicarakan, Gustavo ya, saya bisa pastikan pemain tersebut bertahan hingga akhir kontraknya, dan untuk yang lain, saya belum bisa memastikan," ungkap CEO Barito Putera, Hasnuryadi Sulaiman.

Selain Gustavo, pemain asing Barito Putera yang tampil memuaskan di Liga 1 musim ini adalah Murilo Mendes dan Renan Alves. Menariknya, ketiganya berasal dari Brasil.

Sementara Makan Konate, Mike Ott dan Carli de Murga belum tampil konsisten bersama Laskar Antasari. Banyak yang menduga jika ketiganya akan didepak Rahmad Darmawan.

Makan Konate dan Mike Ott adalah dua pemain yang menghuni posisi tengah. Maka dari itu, tak heran mulai muncul rumor yang menyebutkan Barito mencari gelandang baru.

Selain Ze Valente, pemain yang dirumorkan menjadi incaran Barito pada bursa transfer paruh musim ini adalah Cristian Hernandez asal Argentina.

Rumor mengenai Ze Valente dan Cristian Hernandez sudah marak beredar di media sosial, bahkan banyak suporter Barito yang menuliskan "welcome" di kolom komentar.

Siapa Cristian Hernandez?

Jika Ze Valente sudah cukup dikenal di pentas Liga 1 sebagai pemain asing Persebaya, beda halnya dengan Cristian Hernandez yang merupakan nama baru di Indonesia.

Cristian Hernandez merupakan gelandang serang berusia 28 tahun asal Argentina. Saat ini, ia bermain di klub Antigua FC yang tampil di kasta tertinggi Liga Guatemala.

Pada kompetisi musim 2022/2023 lalu, Cristian Hernandez mampu bukukan 6 gol dan 3 assist dari 26 laga. Catatan ini cukup bagus untuk seorang gelandang tengah.

Sementara untuk musim ini, Christian Hernandez baru membukukan 2 gol dari 10 laga yang telah dimainkan bersama Antigua FC.

Cristian Hernandez memiliki naluri gol yang tinggi meski ia bukanlah seorang penyerang. Total 41 gol sudah ia lesatkan dari 199 laga yang telah dilakoni sejak musim 2017/2018.

Harus diakui, Cristian Hernandez unggul head to head dari otak serangan milik Barito Putera musim lalu, Bruno Matos, yang baru membukukan 21 gol dari 109 laga sejak 2010.

Selain itu, Cristian Hernandez juga dikenal sebagai pemain yang lihai memainkan peran di posisi penyerang kedua. Ini adalah posisi yang sangat diperlukan Barito musim ini.

Meski kerap bermain dengan skill individunya, tetapi Hernandez juga diketahui adalah pemain yang mengandalkan akurasi umpan.

Sejauh ini, pemain asal Argentina itu sudah mencatatkan 17 assist dari 199 laga. Murilo Mendes dan Gustavo Tocantins tentu akan dimanjakan oleh umpan-umpan Hernandez.

Hanya saja, sampai saat ini belum ada 'hilal' transfer pemain Barito Putera, karena klub asal Kalimantan ini memang selalu bergerak senyap setiap kali membidik pemain asing.