In-depth

Tak Ada Hadiah Uang, Apa Esensi FIFA Gelar Piala Dunia U-17?

Minggu, 5 November 2023 17:00 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Tidak terasa gelaran Piala Dunia U-17 2023 akan berlangsung dalam hitungan hari saja. Kick-off laga pertama bakal dilakukan pada 10 November 2023 mendatang. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Tidak terasa gelaran Piala Dunia U-17 2023 akan berlangsung dalam hitungan hari saja. Kick-off laga pertama bakal dilakukan pada 10 November 2023 mendatang.

INDOSPORT.COM - Tidak terasa gelaran Piala Dunia U-17 2023 akan berlangsung dalam hitungan hari saja. Kick-off laga pertama bakal dilakukan pada 10 November 2023 mendatang.

Indonesia berperan sebagai tuan rumah dalam edisi kali ini dan mengirimkan timnas Indonesia U-17 untuk bersaing dengan 23 negara lain yang berasal dari enam konfederasi berbeda.

Piala Dunia U-17 sendiri merupakan turnamen kelompok usia paling dini yang dihelat oleh FIFA sebagai organisasi tertinggi sepakbola dunia.

Yang unik adalah ajang dua tahunan ini tidak memberikan hadiah berupa uang bagi para pesertanya.

Ya, anda tidak salah baca. Siapapun yang berpartisipasi di Piala Dunia U-17 tidak akan mendapatkan ganjaran cuan berlimpah dari FIFA. Bahkan juaranya sekalipun.

Tentunya ini sangat jauh berbeda dengan Piala Dunia senior yang dikenal dengan pool prize yang luar biasa besarnya.

Sebagai referensi, Piala Dunia 2022 silam di Qatar dilaporkan oleh Statista memiliki total hadian 756 juta Dollar Amerika Serikat.

Hanya dengan lolos ke putaran final saja, sebuah negara akan dihujani 9 juta Dollar. Tentu saja hadiah terbesar didapatkan oleh kampiunnya, Argentina, dengan perkiraan 42 juta Dollar masuk ke saku.

Lalu jika tidak ada hadiah uang, bagaimana peserta Piala Dunia U-17 dibalas akan capaian mereka?. Jawabannya adalah tetap ada hadiah namun tidak dalam bentuk yang umum.

Dilansir dari GOAL, setiap negara yang ikut dalam ajang Piala Dunia U-17 akan mendapatkan plakat resmi FIFA. Sertifikat tanda partisipasi juga diberikan pada setiap elemen tim termasuk staf pelatih dan pemain.

Tidak ketinggalan, medali emas, perak, dan perunggu juga diberikan untuk tiga tim terbaik.

Layaknya sertifikat, FIFA juga memastikan setiap pemain dan staf juga akan dikalungi masing-masing satu medali.