In-depth

Nasib Miris Para Host Berstatus Debutan di Piala Dunia U-17, Indonesia Jangan Ikut-Ikut

Senin, 6 November 2023 12:26 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Piala Dunia U-17 2023 digelar di Indonesia. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Piala Dunia U-17 2023 digelar di Indonesia. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-17 bukan kontestan pertama yang berstatus tuan rumah sekaligus debutan di Piala Dunia U-17.

Sebelumnya, ada sejumlah negara yang mengantongi predikat tersebut, termasuk India pada 2017.

Menjadi tuan rumah dan debutan secara bersamaan tentunya sebuah tantangan tersendiri, apalagi di level sebesar Piala Dunia.

Namun tentu saja, newbie yang biasanya belum kaya pengalaman, berpeluang besar terdepak di fase penyisihan grup. India adalah salah satunya.

India (2017)

India ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2017. Pada waktu bersamaan, mereka juga menyandang status debutan bersama Niger dan New Caledonia.

Sayangnya, Timnas India U-17 saat itu tidak mampu melaju jauh di turnamen, bahkan terjerembab di klasemen akhir Grup A.

Mereka finis sebagai juru kunci grup tanpa meraih satu kali pun kemenangan. Parahnya lagi, dari tiga laga yang dimainkan, seluruhnya berakhir dengan kekalahan.

Alhasil, tuan rumah harus menanggung malu dengan 0 poin dalam genggaman. Sebagai debutan, Timnas India U-17 pun hanya bisa mengemas satu biji gol dari tiga laga.

Gol semata wayang mereka sepanjang kompetisi tersebut dicetak oleh Jeakson Singh, gelandang yang saat ini bermain untuk Kerala Blasters.

Peru (2005)

Selanjutnya ada Peru yang didapuk sebagai tuan rumah sekaligus debutan di Piala Dunia U-17 2005.

Tidak sendirian juga, Timnas Peru U-17 kala itu debut bersama Korea Utara, Gambia, Turki, dan Belanda.

Akan tetapi, Timnas Peru U-17 harus menyerah cepat di putaran grup. Mereka angkat koper lebih cepat usai finis sebagai juru kunci.

Dari tiga laga yang dilakoni, Timnas Peru U-17 mencatatkan dua hasil imbang dan satu kekalahan.

Tidak berbeda dari India, di edisi 2005 ini Peru juga mencetak satu gol saja, yakni melalui Daniel Mackensi Chavez Castillo.