Piala Dunia

Pelatih Brasil dan Ekuador Terkejut dengan Kemegahan JIS dan Stadion GBT

Senin, 6 November 2023 18:55 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Isman Fadil/INDOSPORT
Jakarta International Stadium (JIS). (Foto: Isman Fadil/INDOSPORT) Copyright: © Isman Fadil/INDOSPORT
Jakarta International Stadium (JIS). (Foto: Isman Fadil/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Pelatih timnas Brasil U-17, Phelipe Leal memberikan pujian terkait persiapan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Dia kaget setelah melihat langsung lapangan latihan dan stadion yang akan dipakai.

Diketahui, Brasil U-17 tergabung dalam Grup C bersama dengan Inggris, Iran, dan Kaledonia Baru. Mereka akan beraksi di Jakarta, tepatnya di Jakarta International Stadium (JIS).

Phelipe pun menyempatkan diri melakukan inspeksi ke venue latihan dan stadion yang dipakai untuk pertandingan. Responsnya pun sangat positif.

"Ini sangat gila," kata Phelipe Leal sambil menggeleng-gelengkan kepalanya saat melihat kemegahan stadion di Indonesia.

Phelipe Leal mengaku, sejak drawing grup hingga penetapan jadwal pertandingan, ia belum sempat mencari tahu terkait stadion mana yang akan dipakai Timnas Brasil U-17.  

Namun setelah melihat langsung, ia pun terkejut karena Indonesia punya stadion semegah itu. Hal ini menunjukkan keseriusan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023.

"Saya baru pertama kali datang ke Indonesia, awalnya saya tidak sempat cari tahu di stadion mana kami akan bermain. Saya pikir mereka tidak punya persiapan yang matang untuk jadi tuan rumah. Tapi saya melihat kalau mereka punya keseriusan yang kuat," kata Phelipe.

"Ini adalah stadion yang besar, punya keindahan dan saya sangat kaget mereka bisa membuat stadion seperti ini," imbuhnya soal JIS.

Di sisi lain, pelatih Ekuador U-17, Diego Martinez juga memberikan respon yang sama. Dia mengaku sempat menanggap remeh Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) yang lokasinya berada di tengah area persawahan. 

Diketahui Ekuador berada di Grup A bersama Indonesia, Panama dan Maroko. Persaingan di Grup A akan digelar di stadion tersebut.

"Saya awalnya bingung melihat suasana stadion di sini. Beberapa area di sekitarnya tidak terlihat ada gedung-gedung untuk istirahat dan yang ada hanya area persawahan," ujar Martinez.

Namun, setelah melakukan inspeksi ke venue, ia tak menyangka bagian dalam stadion memiliki kualitas yang baik dan megah.

"Awalnya saya mengira kalau fasilitas di dalam stadion akan buruk, tapi ternyata mereka punya stadion yang megah dan besar. Saya harus mengapresiasi mereka yang mempersiapkan stadion semegah ini di area persawahan," ujarnya.

Ekuador U-17 akan menantang timnas Indonesia U-17 di laga perdana Grup A pada Jumat (10/11/23). Laga ini patut dinantikan oleh penggemar skuat Garuda Asia.