Liga 1

Rumor Transfer Liga 1: Persebaya Coret ‘Rudiger’ Papua, Bhayangkara FC Gerilya

Senin, 6 November 2023 17:21 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Selebrasi Yohanes Kandaimu setelah mencetak gol pada menit ke-15. (Foto: Fitra Herdian/INDOSPORT) Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Selebrasi Yohanes Kandaimu setelah mencetak gol pada menit ke-15. (Foto: Fitra Herdian/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Persebaya Surabaya kembali melepas pemain di putaran kedua Liga 1 Indonesia 2023/24. Kali ini bek asal Papua, Yohanes Kandaimu, yang menjadi korban.

Kandaimu menyusul lima pemain lain yang sebelumnya telah dirilis secara resmi oleh manajemen Bajul Ijo. Pasukan Uston Nawawi termasuk klub yang ‘cuci gudang’ di paruh musim ini.

“Kebersamaan Persebaya dengan Yohanes Kandaimu harus berakhir di tengah musim. Kaka Anis tampil sebanyak enam kali selama putaran pertama bersama Bajul Ijo. Terima kasih dan sukses selalu,” demikian rilis Persebaya 

Ada pun lima pemain yang telah dilepas Persebaya adalah Risky Dwiyan (Persiba Balikpapan), Alwi Slamat (Malut FC), Denny Agus (Deltras FC), Ferdinand Sinaga (Persiraja Banda Aceh), dan Widi Syarief (Persekat Tegal).

Beberapa nama lain juga dirumorkan akan hengkang seperti Ze Valente, Paulo Victor, Salman Alfarid, Brylian Aldama dan George Brown. Hanya saja, hal itu belum dikonfirmasi secara resmi.

Sementara itu, Bhayangkara FC rumornya akan mendatangkan dua pemain asing. Sosok tersebut adalah gelandang Timnas Singapura, Zulfahmi Arifin dan eks pemain timnas Australia U-23, George Blackwood.

Zulfahmi sudah berpamitan kepada rekan-rekan setim dan klubnya, Hougang United. Banyak yang mendoakan sukses di Liga Indonesia. 

Kedatangan Zulfahmi kabarnya memakan korban. Pemain Filipina, Dylan de Bruyker kemungkinan besar dicoret karena kuota Asia Tenggara diberikan ke Zulfahmi.

Sementara itu, Barito Putera secara resmi memperkenalkan rekrutan baru di putaran kedua Liga 1 2023/24 yakni Natanael Siringoringo. Dia datang dengan status bebas transfer.

Kedatangan eks kapten klub Malaysia, Kelantan FC itu sebelumnya telah dibocorkan oleh pelatih Barito Putera, Rahmad Darmawan. Dua hari lalu, dia mengatakan ada satu pemain baru yang akan dikenalkan dalam waktu dekat. 

Sebelumnya, Barito Putera memperkenalkan pemain akademi yang dipromosikan yakni Abdul Aziz. Lalu, tim Laskar Antasari juga disebut akan mendepak Makan Konate, Mike Ott dan Carli de Murga.

Ada rumor yang menyebutkan Barito mencari gelandang baru. Pemain Persebaya Surabaya, Ze Valente dan Cristian Hernandez asal Argentina jadi nama terdepan yang dikaitkan dengan tim asal Kalimantan Selatan.

Klub Liga 1 lainnya, Persita Tangerang secara resmi melepas satu nama lagi yakni Sahrul Reza. Dia dipinjamkan ke klub Liga 2, Perserang.

Tim Ungu Barat juga merekrut satu gelandang bertahan lokal yakni Cakra Yudha. Pemain berusia 29 tahun ini datang dengan status bebas transfer.

Cakra yang berasal dari Lamongan sempat bermain untuk PSMS Medan di ajang Liga 2 pada awal musim ini. Ia tampil dalam enam pertandingan di babak fase grup.