Piala Dunia

Sekilas Kaledonia Baru, Kontestan Piala Dunia U-17 Kampung Halaman Christian Karembeu

Senin, 6 November 2023 14:35 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Indra Citra Sena
© fedcalfoot.com
Sekilas tentang Kaledonia Baru, kampung halaman Christian Karembeu, yang menjadi kontestan Piala Dunia U-17 di Indonesia. Copyright: © fedcalfoot.com
Sekilas tentang Kaledonia Baru, kampung halaman Christian Karembeu, yang menjadi kontestan Piala Dunia U-17 di Indonesia.

INDOSPORT.COM - Sekilas tentang Kaledonia Baru, kampung halaman legenda Real Madrid dan timnas Prancis, Christian Karembeu, yang menjadi kontestan Piala Dunia U-17 di Indonesia.

Sekadar informasi, Kaledonia Baru adalah negara bekas jajahan Prancis yang saat ini masih mendapatkan pengaruh dari Negeri Menara Eiffel itu.

Hingga kini, Kaledonia Baru belum merdeka setelah banyak warga negaranya menolak referendum kemerdekaan dari Prancis pada 4 November 2018.

Menariknya, daerah tersebut juga dihuni oleh suku Jawa karena aturan “Koeli Ordonantie” pada 1880 yang mengatur hubungan kerja antara buruh dan majikan untuk menjamin ketersediaan tenaga kerja di perkebunan Belanda di Sumatra.

Orang Jawa di Kaledonia Baru diklaim tetap menggunakan bahasa Jawa sebagai bahasa sehari-hari meskipun anak mudanya kini sudah tak begitu menuturkannya dan malah lebih jago berbahasa Prancis.

Di balik namanya yang mungkin kurang terkenal, Kaledonia Baru sempat melahirkan salah satu talenta hebat bernama Christian Karembeu, yang membela timnas Prancis dan Real Madrid (1997-2000).

Kaledonia Baru adalah anggota asosiasi terakhir Oseania yang bergabung dengan FIFA pada 2004. Negara tersebut relatif baru mengawali awal sejarah olahraga sepak bola.

Walaupun baru saja bak ‘bocah kemarin sore’, masa depan Kaledonia Baru terbilang cerah jika dilihat dari Piala Dunia U-17 mereka.

Pasalnya, ini adalah kedua kalinya Kaledonia Baru mengikuti ajang Piala Dunia U-17 edisi 2023 di Indonesia setelah sukses pada 2017 di India lalu.

Hanya saja, Kaledonia Baru cuma finis sebagai juru kunci di Grup E Piala Dunia U-17 2017 di bawah Prancis, Jepang, dan Honduras.