Timnas Indonesia

Setelah Justin Hubner, Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On, PSSI Bakal Naturalisasi Thom Haye?

Selasa, 7 November 2023 15:55 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Dok Pribadi/Thom Haye
Thom Haye pesepak bola Belanda Copyright: © Dok Pribadi/Thom Haye
Thom Haye pesepak bola Belanda

INDOSPORT.COM - Anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga, menyampaikan, proses naturalisasi Justin Hubner, Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On hampir rampung. Nantinya, ada pemain keturunan lain yang bakal menyusul.

Menurut Arya, administrasi Justin Hubner sudah rampung bahkan tinggal menunggu Keputusan Presiden untuk jalani sumpah jadi WNI.

Semua iu karena berkas pemain Wolverhampton Wanderers sebelumnya sudah hampir diproses bersama Rafael Struick dan Ivar Jenner beberapa waktu lalu.

“Justin Hubner tinggal nunggu Keppres. Akhirnya Hubner yang minta dinaturalisasi,” kata Arya Sinulingga kepada awak media.

Sebelumnya, naturalisasi Justin Hubner sempat ditunda karena tidak dapat izin dari kedua orang tuanya. Tapi, dia lantas memutuskan melanjutkan proses agar bisa bela skuat Garuda.

“Kan ngelihat kita ini keren banget, kalau di luar kan imejnya bagus banget, mau di Asean, Eropa, jadi dia lihat kita ada harapan. Setahun sekali kita main lawan (negara besar),“ tutur Exco PSSI periode 2023-2027 itu.

“Saya saja terkejut 'wah, udah mau dia bang, minta naturalisasi'. Kita proses lagi, kan di DPR udah, dari Maret sudah, tinggal Keppres aja,” lanjut Arya Sinulingga.

Proses naturalisasi Justin Hubner, bahkan disebut lebih cepat dibanding dua nama lain yang tengah diproses yakni Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On.

Selain empat nama tersebut, PSSI kabarnya masih akan lakukan naturalisasi untuk posisi gelandang dan striker. Hal itu sudah dikonfirmasi Ketua Umum Erick Thohir.

Arya Sinulingga juga memastikan bahwa apa yang disampaikan Erick Thohir tentu tidak main-main. Pastinya, nama berikutnya juga sudah mendapat restu dari pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

“Nggak (terus-terusan naturalisasi), pasti disesuaikan dengan kebutuhan pelatih. Kan kita ini tergantung pelatih, sesuai kebutuhan,” jelasnya.

“Saya yakin, Shin Tae-yong pasti sudah cek juga, kalau sudah cukup, nggak mungkin nambah-nambah lagi. Kita bergerak berdasarkan kebutuhan pelatih,” sambung Arya. 

“Nanti ada misalnya yang bagus, tapi nggak sesuai dengan kebutuhan pelatih, ya nggak dipanggil juga. Bukan setiap ada yang baru langsung dipanggil. Sudah rame juga ini dikalangan pengamat, kok kita naturalisasi semua sih? tambah pemilik klub Liga 2, Sada Sumut itu.