In-depth

Pantas Arteta Ngamuk, 5 Keputusan VAR yang Rugikan Arsenal di Liga Inggris

Rabu, 8 November 2023 07:25 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Reuters/David Klein
Wajar saja Mikel Arteta sampai mengamuk usai klubnya, Arsenal, ternyata kerap dirugikan oleh keputusan VAR di Liga Inggris (Premier League). Copyright: © Reuters/David Klein
Wajar saja Mikel Arteta sampai mengamuk usai klubnya, Arsenal, ternyata kerap dirugikan oleh keputusan VAR di Liga Inggris (Premier League).

INDOSPORT.COM – Wajar saja Mikel Arteta sampai mengamuk usai klubnya, Arsenal, ternyata kerap dirugikan oleh keputusan VAR di Liga Inggris (Premier League).

Pekan ke-11 Liga Inggris 2023/2024 diwarnai aksi protes Mikel Arteta yang merasa Arsenal dirugikan oleh wasit dan juga Video Assistan Referee (VAR).

Aksi protes itu dilancarkan Mikel Arteta lewat komentar-komentar pedasnya yang disambung dengan pernyataan dari Arsenal.

Bak bola salju, komentar itu membuat kuping para wasit gerah. Bahkan, Football Association (FA) dikabarkan akan menjatuhkan sanksi terhadap pelatih asal Spanyol itu.

Arteta pun berkilah dan menyebut bahwa komentar pedasnya itu sebagai tugasnya untuk melindungi klubnya, yakni Arsenal.

Komentar pedas Arteta yang mengamuk itu wajar terjadi. Sebab, ada 5 keputusan VAR yang merugikan Arsenal di Liga Inggris. Apa saja itu?

1. Gol Anthony Gordon (Newcastle vs Arsenal)

Amarah Arteta meletup-letup pasca laga Newcastle United vs Arsenal yang berkesudahan 1-0 untuk kemenangan The Magpies. Kemenangan itu menjadi kekalahan perdana The Gunners di Liga Inggris.

Di laga tersebut, gol kemenangan Newcastle lewat Anthony Gordon dianggap kontroversi karena ia berada di posisi offside dan bola telah keluar. Belum lagi dengan Joelinton yang dianggap melanggar Gabriel Magalhaes.

Tak cukup itu saja, di tengah pertandingan, Bruno Guimaraes kedapatan secara sengaja menyikut Jorginho dari belakang meski tak adanya perebutan bola.

2 Pelanggaran Mateo Kovacic (Arsenal vs Manchester City)

Pada pekan ke-8 Liga Inggris 2023/2024, Arsenal mampu meraih kemenangan pertama atas Manchester City dengan skor 1-0 dalam beberapa tahun terakhir.

Meski menang, Arsenal sempat dirugikan oleh keputusan VAR yang tak mengusir Mateo Kovacic usai melakukan tekel keras ke Martin Odegaard.

VAR seharusnya bisa saja menyuruh wasit mengusir Kovacic. Tapi pemain asal Kroasia itu justru hanya mendapat kartu kuning saja.