Liga 1

Rumor Transfer Liga 1: Persib Bandung Cuci Gudang Incar 3 Pemain Asing Malaysia

Rabu, 8 November 2023 13:22 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© Arif Rahman/INDOSPORT
Selebrasi gol striker Persib Bandung, David da Silva ke gawang Persikabo pada Liga 1 2023-2024 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Sabtu (16/09/23). Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Selebrasi gol striker Persib Bandung, David da Silva ke gawang Persikabo pada Liga 1 2023-2024 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Sabtu (16/09/23).

INDOSPORT.COM - Rumor transfer Liga 1 makin bergejolak, kabarnya Persib Bandung ingin cuci gudang dan sedang mengincar tiga pemain asing yang berkarier di Malaysia.

Kabar ini bak petir di siang bolong, karena Persib Bandung sebenarnya sudah sangat solid dengan skuat yang ada, dan meroket bersama pelatih Bojan Hodak di Liga 1.

Persib Bandung belum terkalahkan dalam 11 laga terakhir. Bahkan Maung Bandung terus menancapkan tajinya saat mencuri tiga poin dari markas Madura United pekan lalu.

Persib Bandung kini membayangi Madura United di puncak klasemen sementara Liga 1. Jika konsisten, mereka bisa melaju ke babak playoff untuk menentukan juara musim ini.

Persib mengandalkan enam pemain asing untuk menambah kekuatan, yakni David da Silva, Ciro Alves, Daisuke Sato, Nick Kuipers, Alberto Rodriguez, dan juga Levy Madinda.

Persib sebenarnya masih mempunyai satu pemain asing, yakni Tyronne del Pino Ramos. Namun, ia mengalami cedera di awal musim dan digantikan oleh Levy Madinda.

Namun, Levy Madinda merupakan pemain pinjaman dari klub Malaysia, Johor Darul Takzim (JDT), dengan perjanjian ia akan bermain di Liga 1 sampai Desember ini.

Entah apa yang membuat Persib Bandung akhirnya terpikir untuk cuci gudang, hingga berniat datangkan tiga pemain asing yang saat ini berkarier di Liga Malaysia.

Menariknya, dua dari tiga pemain asing ini berposisi sebagai bek. Apakah Bojan Hodak benar-benar memerlukan 'benteng' baru untuk menambal pertahanan Persib?

Jika benar demikian, maka posisi Nick Kuipers dan Alberto Rodriguez yang paling terancam saat ini.

Kabar mengenai rumor transfer klub Liga 1 Persib Bandung dibagikan oleh jurnalis Malaysia, T. Avineshwaran, yang mengulas potensi kepindahan tiga pemain asing.

"Dengan dimulainya bursa transfer di Indonesia, Persib diketahui telah menunjukkan minatnya terhadap beberapa pemain Liga Super Malaysia," tulisnya melalui Twitter.

Avineshwaran juga merincikan siapa saja pemain yang menjadi incaran Bojan Hodak, dan ternyata seluruhnya adalah bek asing.

Pertama, ada nama Gabriel Peres, pemain berpaspor Brasil yang kini satu tim dengan Saddil Ramdani di Sabah FA. Gabriel Peres berposisi sebagai bek untuk tim Malaysia itu.

Kedua, Matko Zirdum asal Kroasia. Saat ini sang gelandang bermain di Kuala Lumpur City FC. Diketahui, Bojan Hodak adalah eks pelatih Kuala Lumpur City di tahun 2021-2023 lalu.

Ketiga, ada pemain asal Australia, Giancarlo Gallifuoco. Ia juga bermain di Kuala Lumpur City FC, dan berposisi sebagai bek tengah.

Sekadar informasi, Australia ikut konfederasi sepak bola Asia Tenggara (AFF). Maka, jika ada pemain Australia yang tampil di Liga 1, ia akan terhitung sebagai kuota pemain ASEAN.

Hanya saja, beberapa waktu lalu Giancarlo Gallifuoco membantah kemungkinan pergi menyusul Bojan Hodak ke Persib Bandung.

"Klub (KL City) dan Stanley Bernard telah memberikan pelayanan yang terbaik pada saya. Jadi, saya mau bertahan di sini untuk waktu yang lebih lama," tukas Giancarlo via MakanBola.

Semakin menarik untuk menanti pergerakan transfer Persib Bandung di musim ini. Apakah Bojan Hodak akan benar-benar cuci gudang dan mendatangkan tiga pemain asing baru?