Liga 1

Bursa Transfer Liga 1: Persija Resmi Pinjamkan Witan Sulaeman ke Bhayangkara FC

Jumat, 10 November 2023 20:57 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Subhan Wirawan
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pemain Persikabo 1973, Frengky Missa menggagalka peluang pemain Persija, Witan Sulaeman pada laga pekan ke-19 Liga 1 2023/2024 di Stadion Patriot, Kamis (09/11/23). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pemain Persikabo 1973, Frengky Missa menggagalka peluang pemain Persija, Witan Sulaeman pada laga pekan ke-19 Liga 1 2023/2024 di Stadion Patriot, Kamis (09/11/23).

INDOSPORT.COM - Persija Jakarta secara terduga melepas pemain andalan, Witan Sulaeman dengan status pinjaman ke sesama klub Liga 1 2023/24, Bhayangkara FC. Itu membuat Jakmania bereaksi keras. 

Dalam rilis resmi Persija, disebutkan jika Witan hanya berpisah sementara waktu. Pemain berusia 22 tahun itu akan lembali saat berakhirnya Liga 1 2023.

Presiden Persija, Mohamad Prapanca mengatakan keputusan ini sudah didiskusikan bersama. Ada beberapa faktor yang jadi pertimbangan, tapi tidak dijelaskan secara detail.

Persija berharap Witan bisa meningkatkan kemampuannya selama masa peminjaman. 

“Kesepakatan telah terjalin bahwa Witan akan dipinjamkan. Keputusan ini telah kami diskusikan dengan matang dan semoga dapat berujung positif untuk semua pihak,” kata Prapanca.

Persija menegaskan, Witan memiliki kontrak dengan Persija hingga pertengahan 2026. Manajemen meminta para pendukung untuk tak patah hati atau mengkhawatirkan situasi saat ini. 

“Percayalah, kami tak berhenti sampai di sini,” demikian isi rilis Persija.

Sejak diperkenalkan sebagai penggawa Macan Kemayoran pada 31 Januari 2023, Witan telah beraksi 28 pertandingan dengan menit bermain 1524. Rata-rata dirinya bermain di setiap laga adalah 54 menit.

Witan jadi pemain Persija pertama yang dilepas pada putaran kedua Liga 1 2023. Namanya memang belakangan jadi perbincangan hangat, bahkan ada rumor bahwa dia akan menyebrang ke Pesebaya Surabaya.

Rumor awal mengatakan, Witan akan dibarter dengan Ze Valente dari Bajul Ijo. Tapi, hal itu terbantahkan dengan rilis resmi hari ini.

Dipinjamkan Witan ke Bhayangkara FC ditenggarai untuk mengurangi beban gaji. Sebab, eks pemain PSIM Jogja itu termasuk dengan bayaran tertinggi di klub Ibu Kota, ditambah lagi Persija diterpa isu kesulitan keuangan.

Adapun nama berikutnya yang kabarnya bisa dilepas Persija adalah Marko Simic. Striker asal Kroasia itu rencananya dipinjamkan ke klub Liga 2, PSPS tapi tak kunjung terjadi karena Simic menolak pergi.

Selain itu, Persija juga disebut akan merilis Oliver Bias. Dia akan digantikan pemain Malaysia, Sergio Aguero untuk mengisi kuota Asia Tenggara. 

Tapi, lagi-lagi rumor tersebut tidak terbukti. Karena Aguero dilaporkan memilih bertahan di Sri Pahang.