Piala Dunia

Tak Diperkuat Wonderkid Real Madrid, Brasil Sebut Iran Lawan Terberat di Grup C

Sabtu, 11 November 2023 12:45 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORT
Pelatih Timnas Brasil U-17, Phelipe Leal dan kiper Vitor Reis. (Foto: Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORT) Copyright: © Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORT
Pelatih Timnas Brasil U-17, Phelipe Leal dan kiper Vitor Reis. (Foto: Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Timnas Brasil U-17 akan melawan Iran U-17 pada laga perdana Grup C Piala Dunia U-17 2023, Sabtu (11/11/23) di Jakrta International Stadium (JIS). Laga akan dimainkan pukul 19:00 WIB.

Pelatih Brasil U-17, Phelipe Leal mengatakan timnya sudah siap beraksi di Piala Duni U-17 tahun ini. Mereka bersiap sejak di Brasil, Dubai dan Jakarta sehingga tidak ada lagi hal yang perlu dikhawatirkan. 

“Selama dua minggu persiapan, lalu ada persiapan awal juga di sini, sekarang tiba waktunya untuk kita buktikan persiapan kita di pertandingan pertama,” katanya.

“Lalu, ada saatnya bagi kita untuk menikmati juga karena ini Piala Dunia U-17. Sekarang saatnya untuk kita keluarkan semua kemampuan kita untuk bisa dinikmati para penonton juga,” tambahnya. 

Juru taktik 36 tahun itu juga tak pusing, meski timnya tidak diperkuat striker Real, Madrid, Endrick Felipe. Masih banyak pemain lain yang juga punya kemampuan bagus untuk membela tim Samba.

Phelipe mengakui, Endrick adalah pemain muda potensil. Tapi, tenaga striker 17 tahun itu ternyata lebih dibutuhkan di tim senior Brasil.

Endrick dipanggil untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Kolombia dan Argentina pada FIFA match day bulan ini.

“Endrick juga pernah terlibat dalam Timnas di usia pengembangan, dan kita juga bangga bahwa dia saat ini dipanggil untuk Timnas senior,” ujar Phelipe

“Namun, kita jangan lupa bahwa kemampuan pemain-pemain yang ada di sini juga cukup baik. Siapa tahu akan lahir Endrick yang baru dan kita akan coba menikmati pertandingan pertama dan menampilkan sebaik mungkin untuk para penonton,” lanjutnya.

Menyoal lawan Iran U-17 di laga perdana, Phelipe menyatakan sangat waspada. Lawan dinilai merupakan salah satu tim tangguh Asia, apalagi ini adalah pertandingan pertama yang tentu menguji mental pemain. 

“Menurut saya Iran adalah lawan terberat karena itu adalah laga perdana, ada faktor psikologis juga. Tanpa mengecilkan negara-negara lain seperti Kaledonia Baru dan Inggris, tapi saat ini kita persiapkan diri untuk melawan Iran terlebih dahulu dan mudah-mudahan kita bisa tampil baik di pertandingan pertama dan berikutnya,” jelasnya.

Pelatih yang baru saja bawa Brasil U-17 juara Piala Amerika Selatan U-17 2022/23 itu telah menganalisa permainan Iran U-17. Itu dilakukan sebagai antisipasi, demi asa raih tiga poin perdana.  

“Iran mempunyai tim yang cukup kuat secara fisik. Kita sudah analisa juga permainan mereka dan seperti pemain-pemain lain juga sudah paham karena mereka sudah melihat beberapa video mereka,” tutur Phelipe.

“Mudah-mudahan kita bisa atasi kelebihan Iran dan bisa memaksimalkan kelemahan mereka agar bisa mendapatkan hasil positif,” tuntasnya.

Brasil U-17 merupakan juara bertahan Piala Dunia U-17. Pada edisi 2019 lalu, mereka mengalahkan Mexico di partai final dengan skor 2-1.