Timnas Indonesia

2 Pemain Batal Bela Timnas Indonesia saat Lawan Irak, Ini Biang Masalahnya

Senin, 13 November 2023 15:40 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
© pssi.org
Jordi Amat dan Marc Klok saat menjalani latihan perdana di Irak, usai tiba pada hari Minggu (12/11/23) di Stadion Internasional Basra, Irak. (Foto: pssi.org) Copyright: © pssi.org
Jordi Amat dan Marc Klok saat menjalani latihan perdana di Irak, usai tiba pada hari Minggu (12/11/23) di Stadion Internasional Basra, Irak. (Foto: pssi.org)

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia sudah tiba di Irak untuk menjalani laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Grup F zona Asia. Skuad Garuda akan meladeni tuan rumah, Irak, pada 16 November nanti.

Dari 27 pemain yang dipanggil pelatih Shin Tae-yong, ada dua nama yang batal bergabung yakni Yakob Sayuri dan Andy Setyo. Keduanya punya alasan masing-masing.

Yakob izin karena akan melangsungkan pernikahan, sedangkan Andy Setyo terpaksa tidak dibawa akibat cedera yang didapa saat membela Persikabo 1973 pada laga pekan ke-19 Liga 1 2023/24 kontra Persija Jakarta. 

Sejatinya, Andy Setyo sudah memenuhi panggilan untuk berkumpul bersama skuad Garuda. Dia datang ke hotel di Jakarta, tapi saat diperiksa oleh tim medis timnas Indonesia, bek tengah itu disarankan untuk tidak dibawa.

“Andy Setyo ketika kemarin datang di cek tim medis timnas ada cedera di betis. Sehingga digerakkan terasa sakit dan ada bengkak,” ujar manajer Timnas, Sumardji.

“Diputuskan tidak dibawa, kalaupun dibawa nanti proses penyembuhan terapinya terlalu lama,” katanya dalam rilis PSSI.

Saat berangkat ke Irak, Shin Tae-yong mengatakan membawa 14 pemain. Para pemain yang berkarier di Asia dan Eropa langsung menyusul ke Irak dan telah berkumpul bersama.

Sedangkan dua nama lain yakni Adam Alis dan Nadeo Argawinata baru menyusul hari ini karena sebelumnya membela Borneo FC di Liga 1 2023, Minggu (12/11/23) malam lawan Bali United. 

Sementara itu, striker Timnas Indonesia, Dendy Sulistyawan, menyatakan perjalanan jauh ke Irak tak menyurutkan asa meraih poin di kandang lawan. Semua pemain dalam kondisi terbaik.

“Ya mungkin total 16 jam perjalanan. Melelahkan, namun saya dan teman-teman berangkat dengan optimisme yang tinggi di putaran kedua nanti. Motivasi kami tinggi di laga nanti,” katanya.