In-depth

Hitung-hitungan Peluang Timnas Indonesia U-17 Lolos Grup Piala Dunia U-17

Senin, 13 November 2023 14:35 WIB
Editor: Juni Adi
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Pemain Ekuador U-17 Michael Bermudez gagal menciptakan peluang menjadi gol pada laga Piala Dunia U-17 di Stadion GBT, Jumat (10/11/23). (Foto: Fitra Herdian/INDOSPORT) Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Pemain Ekuador U-17 Michael Bermudez gagal menciptakan peluang menjadi gol pada laga Piala Dunia U-17 di Stadion GBT, Jumat (10/11/23). (Foto: Fitra Herdian/INDOSPORT)

INDOSPORT.COMTimnas Indonesia U-17 akan menghadapi Panama di Piala Dunia U-17 2023 pada matchday ke-2 Grup A, anak asuh Bima Sakti berpeluang pesta gol.

Duel seru tersaji di pertandingan lanjutan babak penyisihan grup Piala Dunia U-17 2023 antara Indonesia vs Panama di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, pada Senin (13/11/23).

Kemenangan menjadi harga mati untuk timnas Indonesia U-17 demi memperpanjang nafas mereka di ajang ini. Saat ini, Skuad Garuda Muda berada di peringkat ke-3 dengan 1 poin.

Poin itu didapat setelah mereka mampu menahan imbang 1-1 melawan Ekuador di pertandingan pertama grup A.

Padahal mereka sempat unggul lebih dahulu melalui gol Arkhan Kaka di menit ke-22, namun mampu disamakan oleh Ekuador lewat gol Allen Obando menit ke-28.

Hasil imbang itu menjadi modal berharga bagi timnas Indonesia U-17 jelang menghadapi Panama. Sedangkan bagi Panama, mereka tak punya jalan lain selain meraih kemenangan.

Kekalahan akan membuat mereka jadi tim pertama yang bakal tersingkir dari Piala Dunia U-17. Saat ini mereka berada di peringkat ke-4 tanpa satupun poin.

Melihat catatan itu timnas Indonesia U-17 berpeluang meraih tiga poin pertama di laga ini, sekaligus membuka peluang untuk lolos ke babak 16 besar Piala Dunia U-17 2023, bagaimana hitung-hitungannya?

Kemenangan atas Panama akan membuat timnas Indonesia U-17 sementara naik ke puncak klasemen sementara dengan 4 poin menggeser Maroko.

Hanya saja itu perlu catatan jika Ekuador dan Maroko bermain imbang di pertandingan lainnya, dan timnas Indonesia menang besar atas Panama.

Tetapi apakah kemenangan besar sudah pasti akan membawa timnas Indonesia U-17 lolos ke 16 besar? jawabannya belum tentu.