Timnas Indonesia

Curhat Shayne Pattynama Usai Bikin Gol tapi Timnas Indonesia Dibantai Irak

Jumat, 17 November 2023 10:34 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pemain Timnas Indonesia, Shayne Pattynama saat menyanyikan lagu Tanah Air usai laga Pra Piala Dunia melawan Brunei Darussalam di Stadion GBK, Kamis (12/10/23). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pemain Timnas Indonesia, Shayne Pattynama saat menyanyikan lagu Tanah Air usai laga Pra Piala Dunia melawan Brunei Darussalam di Stadion GBK, Kamis (12/10/23).

INDOSPORT.COM - Bek kiri Timnas Indonesia, Shayne Pattynama  tampil cukup bagus saat lawan Irak di laga perdana Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Kamis (16/11/23) di Basra International Stadium. Dia cetak satu gol bagi skuad Garuda. 

Shayne cetak gol pada menit ke 45+3, memanfaatkan umpan Rafael Struick. Sayangnya, gol itu tak mampu bantu Indonesia karena Irak terlalu tangguh dan mengakhiri laga dengan skor 5-1. 

Menurut Shayne, Indonesia sempat punya harapan setelah hanya tertinggal 1-2 di babak pertama. Namun, gol ketiga Irak lewat sepakan jarak jauh, membuat skuad Garuda kembali terpuruk. 

“Kami main lawan tim yang bagus, kami  tertinggal 0-2, kalian tahu ini stadium yang besar dengan banyak dukungan untuk tuan rumah,” buka Shayne.

“Setelah tertinggal 1-2 di babak pertama,  kami masih punya feeling bagus, kami mendapatkan kepercayaan diri untuk mengejar. Kemudian kami kebobolan lewat gol tendangan jarak jauh,” katanya.

Pemain Viking FK itu menilai, Indonesia sebenarnya punya skuad yang bagus. Sayangnya, pada laga semalam mereka tidak berada dalam top perform, sehingga Irak lebih dominan sepanjang 90 menit. 

“Jadi kami harus tampil lebih bagus ke depannya dan lebih percaya diri lagi, karena kami sebetulnya memiliki tim yang bagus. Tapi tidak boleh (percaya diri) berlebihan,” ucap Shayne Pattynama.

Kekalahan dari Irak tak lantas memudarkan peluang Indonesia ke fase berikutnya di Kualifikasi Piala Dunia 2026. Karenanya, Shayne berharap Indonesia secepatnya bangkit lantaran kasih ada lima laga tersisa.

Bagi Shayne, kekalahan dari Irak tidak selamanya meninggalkan kesan buruk. Para pemain Indonesia dapat pelajaran penting, di mana mereka akan lakukan evaluasi sehingga tidak terulang kesalahan yang sama pada laga selanjutnya.

“Saya pikir ini menjadi pembelajaran yang bagus buat kami. Kami menghadapi tim yang sangat bagus, dan bisa belajar dari itu. Kami berusaha mendapatkan hasil yang lebih baik lagi di laga berikutnya,” tuntas pemain berdarah Indonesia - Belanda itu.