In-depth

Deretan Penyebab Timnas Indonesia Bisa Dicukur Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Jumat, 17 November 2023 10:37 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

INDOSPORT.COM - Ada sejumlah penyebab mengapa Timnas Indonesia harus menjadi bulan-bulanan Irak di laga perdana Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Timnas Indonesia mengawali perjuangan di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia melawan Irak pada Kamis (16/11/23) malam WIB.

Tampil di Basra International Stadium, Irak, Timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong harus menyerah dengan skor telak 1-5.

Gol Irak dilesakkan oleh Bashar Rasan (20'), Jordi amat (Bunuh Diri, 35'), Osama Rashid (60'), Youssef Amyn (81'), dan Ali Al-Hamadi (88'). Sementara itu, Indonesia hanya mampu membalas 1 gol lewat Shayne Pattynama (45+3').

Kekalahan dari Irak dengan skor 1-5 dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 membuat Timnas Indonesia harus rela kehilangan 6,37 poin di ranking FIFA.

Saat ini Timnas Indonesia hanya memiliki koleksi 1.063,45 poin. Saat ini pasukan Shin Tae-yong masih bertahan di posisi ke-145 dunia.

Akan tetapi, mereka terancam bisa turun satu tingkat ke urutan 146 dunia. Pasalnya, Eswatini yang menghuni urutan 146 baru akan memainkan laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Libya pada Jumat (17/11/2023) malam WIB.

Bila menang atas Libya, maka posisi Timnas Indonesia akan turun ke posisi ke-146 di ranking FIFA. Namun, fans Garuda tidak perlu panik.

Jordi Amat dkk masih bisa memperbaiki posisi di ranking FIFA bila bisa menang atas Filipina di laga kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Timnas Indonesia dijadwalkan bersua Filipina di laga kedua Grup F di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina pada Selasa (21/11/23) pukul 18.00 WIB.

Sementara itu, Shin Tae-yong tidak banyak berkomentar seusai kekalahan dari Irak. Ia hanya mengatakan kalau lawannya merupakan musuh yang tangguh dan Garuda akan bangkit di laga selanjutnya.

“Saya rasa ini adalah kekalahan besar dan saya ucapkan selamat kepada Irak yang bermain bagus. Kami akan mencoba bermain lebih baik pada pertandingan kandang nanti," kata Shin Tae-yong.

“Saya pikir Irak bermain lebih bagus dari kami. Seperti yang anda lihat ini adalah laga tandang dengan suporter yang tak sedikit bagi kami di stadion."

“Kemudian kami juga harus melalui perjalanan panjang dengan para pemain yang tidak datang bersamaan. Namun terlepas dari itu, Irak memang bermain lebih baik dari kami,” lanjut Shin Tae-yong.

Ada beberapa penyebab mengapa Timnas Indonesia bisa mengalami kekalahan telak dari Irak, termasuk kesalahan dari Shin Tae-yong. Berikut kami telah merangkumnya: