Timnas Indonesia

Kisah Pahit Getir Exco PSSI Hasani Abdulgani Boyong Pemain Naturalisasi

Jumat, 17 November 2023 14:15 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
© instagram.com/hasaniabdulgani/
Pemain keturunan Indonesia-Belanda, Shayne Pattynama tampak semringah saat menerima hadiah jersey dari Exco PSSI, Hasani Abdulgani Copyright: © instagram.com/hasaniabdulgani/
Pemain keturunan Indonesia-Belanda, Shayne Pattynama tampak semringah saat menerima hadiah jersey dari Exco PSSI, Hasani Abdulgani

INDOSPORT.COM - Salah satu Anggota Exco PSSI Periode 2019-2023, Hasani Abdulgani berbagi kisah menariknya di dunia persepak bolaan Indonesia.

Tokoh yang sudah lama terjun dan berkecimpung di sepak bola nasional ini bisa disebut identik dengan pemain naturalisasi. Hasani Abdulgani merupakan sosok yang mengantarkan beberapa pemain keturunan atau berdarah Indonesia berhasil dinaturalisasi untuk memperkuat Timnas Indonesia saat ini.

Beberapa pemain berkelas yang gabung ke Timnas Indonesia diketahui andil besar berkat tangan dinginnya meyakinkan agar mereka berpaspor Indonesia.

Sebut saja Ivar Jenner, Shandy Walls dan Rafael Struick, ketiga pemain keturunan ini telah menjadi Warga Negara Indonesia dan telah memperkuat Timnas Merah Putih di ajang internasional.

Namun di tengah upaya memperkuat Timnas Garuda menuju asa Garuda Mendunia, ada kisah pahit getir yang selama ini tak muncul ke permukaan.

Pria kelahiran Aceh itu menumpahkan semua pengalamannya pada BebAS Podcast dengan host sesama anggota Exco PSSI, yaitu Arya Sinulingga.

Dalam episode BebAS Podcast kali ini dua Exco PSSI, Arya Sinulingga dan Hasani Abdulgani saling menceritakan pengalaman mereka dalam memegang tanggung jawab menghadirkan pemain naturalisasi bagi timnas Indonesia

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI periode 2019-2023 Hasani Abdulgani  bercerita lika-liku menjalani tugas sebagai penanggung jawab pemain naturalisasi.

Hasani mengawali kiprah dalam industri olahraga Indonesia pada tahun 2001. Hasani Abdulgani menjadi ujung tombak PSSI dalam mencari pemain naturalisasi dari berbagai penjuru dunia.

Tugas itu berjalan dengan baik, meski ada beberapa kerikil yang menghadang. Semua pengalaman dalam mengurus pemain naturalisasi tersebut tertuang dalam obrolan bersama Arya Sinulingga tersebut.