In-depth

Profil Nyl Yakura, Pebulu Tangkis Golden Boy asal Kanada yang Berdarah Indonesia

Jumat, 17 November 2023 13:30 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Prio Hari Kristanto
© Buda Mendes/Getty Images
Mengenal Nyl Yakura, salah satu pebulu tangkis top dunia yang memiliki darah keturunan Indonesia. Copyright: © Buda Mendes/Getty Images
Mengenal Nyl Yakura, salah satu pebulu tangkis top dunia yang memiliki darah keturunan Indonesia.

INDOSPORT.COM – Mengulas profil Nyl Yakura, salah satu pebulu tangkis top dunia yang memiliki darah keturunan Indonesia.

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi jika Indonesia merupakan salah satu power house bulutangkis dunia bersama China, Jepang, dan Korea Selatan.

Bagaimana tidak, Indonesia selalu melahirkan pebulu tangkis maupun pelatih bulutangkis kelas dunia hingga saat ini.

Bahkan ada pebulu tangkis top dunia yang masih memiliki garis keturunan Indonesia yang tersebar di penjuru dunia. 

Salah satunya adalah pebulu tangkis top Eropa asal Kanada yakni Nyl Kiyoshi Takura atau yang biasa dikenal sebagai Nyl Yakura.

Nyl Yakura merupakan pebulu tangkis serba bisa yang sempat turun di tiga sektor sekaligus yakni tunggal putra, ganda putra dan ganda campuran.

Lahir pada 14 Februari 1993, ternyata Nyl Yakura memiliki garis keturunan Indonesia yang berasal dari sang ibunda.

Hal ini diketahui dari wawancaranya bersama BWF di 'Badminton Unlimited', Nyl Yakura mengungkapkan bahwa dirinya memiliki ibu bernama Susan asal Indonesia. Namun dirinya juga memiliki darah Jepang yang berasal dari ayahnya.

“Ayah saya dari Jepang, jadi saya punya keluarga dari Jepang, sementara ibu saya berasal dari Indonesia. Tentu ini adalah perpaduan yang bagus,” ucap Yakura.

Selain memiliki darah keturunan Indonesia, Nyl Yakura juga dikenal sebagai pebulu tangkis yang mencetak beragam prestasi terutama di kancah Eropa.