In-depth

Skenario Chelsea dan Man City Terdegradasi dari Liga Inggris, Makin Kenyataan!

Sabtu, 18 November 2023 18:30 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
© REUTERS/John Sibley
Thiago Silva saat merayakan gol ke gawang Manchester City bersama Nicolas Jackson, Conor Gallagher, Cole Palmer dan Enzo Fernandez di Liga Inggris, Minggu (12/11/23). (Foto: REUTERS/John Sibley) Copyright: © REUTERS/John Sibley
Thiago Silva saat merayakan gol ke gawang Manchester City bersama Nicolas Jackson, Conor Gallagher, Cole Palmer dan Enzo Fernandez di Liga Inggris, Minggu (12/11/23). (Foto: REUTERS/John Sibley)

INDOSPORT.COM - Skenario Chelsea dan Manchester United terdegradasi dari Liga Inggris (Premier League) bisa saja menjadi kenyataan, melihat pelanggaran berat kedua klub.

Laman media Inggris hari ini, Sabtu (18/11/13), dipenuhi dengan headline seputar Chelsea dan Manchester City yang berpotensi dapat pengurangan poin atau bahkan terdegradasi.

Pasalnya, sesama klub Liga Inggris, Everton sudah mendapatkan sanksi pengurangan 10 poin akibat pelanggaran Financial Fair Play (FFP).

"Komisi independen telah mengenakan pengurangan sebesar 10 poin pada Everton karena pelanggaran Peraturan Profitabilitas dan Keberlanjutan (PSR) Liga Premier," tulis laman resmi Liga Inggris.

Sanksi yang dijatuhkan ke Everton adalah untuk satu kali pelanggaran peraturan Liga Inggris, sementara Manchester City telah didakwa dengan 115 dugaan pelanggaran.

Jika Everton saja mendapat sanksi berat berupa pengurangan 10 poin, maka Man City mungkin saja akan kehilangan 30 poin, atau bahkan langsung degradasi ke kasta kedua.

Sementara untuk kasus yang menimpa klub Chelsea masih dalam penyelidikan. Pasalnya, dugaan pelanggaran FFP ini dilakukan di era kepemilikan Roman Abramovich.

Daily Mail mengunggah cuitan seorang pengacara yang juga pernah jadi penasihat keuangan Manchester City, Stefan Borson, soal kemungkinan The Blues akan terdegradasi.

"Tanpa melihat pengurangan 10 poin untuk Everton, bagi saya hukuman itu terasa berat," ungkap Stefan Borson.

"Tetapi sanksi terhadap Man City (jika terbukti) dan sekarang Chelsea (jika didakwa dan mengakui pembayaran di luar pembukuan), akan berpotensi menyebabkan tim degradasi."