Liga Inggris

Breaking News: Everton Terima Sanksi Pengurangan 10 Poin dari Liga Inggris

Jumat, 17 November 2023 22:40 WIB
Penulis: Agustinus Rosario | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Reuters/Matthew Childs
Klub Liga Inggris (Premier League), Everton, dijatuhi hukuman pengurangan sebanyak 10 poin. (Foto: Reuters/Matthew Childs) Copyright: © Reuters/Matthew Childs
Klub Liga Inggris (Premier League), Everton, dijatuhi hukuman pengurangan sebanyak 10 poin. (Foto: Reuters/Matthew Childs)

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris (Premier League), Everton, dijatuhi hukuman pengurangan sebanyak 10 poin.

Nasib apes dialami klub asal Kota Liverpool, Everton. Rival sekota Liverpool tersebut mendapat sanksi cukup berat dari Komisi Premier League. 

Tak tanggung-tanggung, The Toffees, julukan Everton, mendapat pengurangan sebanyak 10 poin di klasemen Liga Inggris 2023/2024. Hukuman ini membuat mereka melorot ke posisi 19 klasemen sementara.

Adapun hukuman ini sendiri mulai berlaku pada Jumat (17/11/23). Hal ini membuat langkah Everton, yang sudah terseok-seok pada musim ini, kian berat.

Seperti diketahui, sebelum mendapatkan pengurangan poin, Everton berada di posisi ke-14 dengan koleksi 14 poin. Usai dikurangi, mereka hanya tercatat memiliki 4 poin, sama dengan Burnley yang berada di dasar klasemen.

Kabar ini pertama kali diungkap oleh jurnalis kenamaan, Fabrizio Romano, dalam akun X pribadinya.

"Resmi: Everton dikurangi 10 poin karena melanggar aturan Premier Leagur soal Profit and Sustainability Rules (PSR)," cuit Fabrizio Romano.

Usut punya usut, pengurangan 10 poin ini merupakan yang terbesar sepanjang sejarah Liga Inggris. Everton, yang baru saja mengalami bertengger di papan tengah klasemen, kini harus menghuni zona degradasi.

Sebelumnyak, Everton memang sempat dirujuk ke komisi independen pada bulan Maret lalu atas dugaan pelanggaran terkait musim 2021/2022. Sidang sendiri dilakukan pada bulan lalu.

Lantas, bagaimana respons Everton terkait sanksi pengurangan poin yang tiba-tiba ini? Jawabannya dapat ditemukan di halaman selanjutnya.