Timnas Indonesia

Jelang Lawan Filipina, Begini Komentar ‘Pedas’ Shin Tae-yong

Senin, 20 November 2023 20:15 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Subhan Wirawan
© PSSI/Irvan
Pre Match Press Conference Timnas Indonesia jelang laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Filipina yang dihadiri pelatih Shin Tae-yong di Stadion Rizal Memorial, Manila, Senin (20/11/23). (Foto: PSSI/Irvan) Copyright: © PSSI/Irvan
Pre Match Press Conference Timnas Indonesia jelang laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Filipina yang dihadiri pelatih Shin Tae-yong di Stadion Rizal Memorial, Manila, Senin (20/11/23). (Foto: PSSI/Irvan)

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong antusias menyambut laga kontra Filipina di Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia lawan Filipina, Selasa (21/11/23) di Stadion Rizal Memorial. Dia incar kemenangan.

Shin Tae-yong mengatakan, skuad Garuda sudah dalam kondisi baik, meski melalui perjalanan jauh dari Irak ke Filipina. Tim pelatih telah atur latihan dan recovery bagi pemain sehingga tidak ada kendala jelang pertandingan. 

“Saya senang kembali ke sini dan melawan Filipina. Sejujurnya kami melakukan perjalanan jauh ke sini dan juga alami jet lag karena perbedaan waktu, dan kami akan telah lakukan persiapan untuk laga esok hari dan akan menampilkan yang terbaik,” ujarnya.

Juru taktik 53 tahun itu mengincar tiga poin dari markas Filipina. Shin Tae-yong menyebut, skuad Indonesia telah lupakan hasil buruk di laga sebelumnya lawan Irak.

Satu hal yang mesti diwaspadai adalah tingkat kesulitan yang tinggi saat bermain di stadion yang menggunakan rumput sintetis. Sebab, rawan cedera dan membuat tenaga cepat terkuras.

“Soal kekalahan lawan Irak pada laga sebelumnya, tidak ada alasan terkait itu. Tapi, seperti yang kamu lihat, golnya berawal dari kesalahan kami,” ucapnya.

“Sekarang kami akan melawan Filipina dan bermain di lapangan sintetis yang tentu akan sedikit sulit,” lanjut Shin Tae-yong. 

Kendati demikian, Shin Tae-yong optimis Indonesia bisa meraih kemenangan atas Filipina pada esok hari. Skuad Merah Putih punya kualiatas dan akan tampilkan aksi berbeda pada laga nanti.

“Tetapi alasan mengapa kami akan menang melawan kalian bukan karena kami kalah melawan Irak sebelumnya. Tetapi ini (melawan Filipina) adalah pertandingan yang bagus dan kami memiliki kesempatan lain untuk membuat kalian tahu poinnya,” tutur pelatih asal Korea Selatan itu.

“Jadi, kalian tahu bahwa bermain melawan Filipina meski laga tandang,  tidak masalah. Kami akan berusaha sebaik mungkin untuk memenangkan pertandingan ini. Terima kasih," tuntas Shin Tae-yong.