Timnas Indonesia

Dalih Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia Gagal Raih 2 Kemenangan di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Rabu, 22 November 2023 19:50 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Isman Fadil
© pssi.org
Timnas Indonesia saat menjalani latihan perdana di Irak dengan pelatih Shin Tae-yong, usai tiba pada hari Minggu (12/11/23) di Stadion Internasional Basra, Irak. (Foto: pssi.org) Copyright: © pssi.org
Timnas Indonesia saat menjalani latihan perdana di Irak dengan pelatih Shin Tae-yong, usai tiba pada hari Minggu (12/11/23) di Stadion Internasional Basra, Irak. (Foto: pssi.org)

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mencoba mencari pembelaan usai Timnas Indonesia tidak meraih kemenangan dalam dua laga away Kualifikasi Piala Dunia 2026 Grup F Zona Asia.

Timnas Indonesia memang kembali gagal meraih kemenangan dalam laga kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Skuat Garuda hanya bermain imbang 1-1 saat menghadapi Filipina, Selasa (21/11/23) malam di Stadion Rizal Memorial.

Hasil imbang ini pun menambah rentetan tidak menang Timnas Indonesia dalam dua laga away grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Pada laga sebelumnya Asnawi dan kawan-kawan dipukul telak Irak dengan skor 1-5.

Gagal meraih kemenangan di dua laga away, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mencoba memberikan pembelaan. Baginya timnya mengalami banyak permasalahan dalam dua laga away ini.

“Dalam dua laga away beruntun kami banyak mengalami kesulitan. Kami menjalani perjalanan yang jauh, perbedaan waktu, dan lapangan ini tidak familiar bagi kami,” buka Shin Tae-yong.

Memang saat menghadapi Filipina di Rizal Memorial Stadium, Timnas Indonesia bermain di lapangan sintetis. Tentu hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi Rizky Ridho dan kolega yang jarang bermain di lapangan sintetis.

Meski meraih hasil minor dalam dua laga away, Shin Tae-yong tetap memberikan pujian terhadap anak asuhnya. Baginya para pemainnya sudah menunjukkan perjuangan sepanjang laga.

“Kami kesulitan beradaptasi dengan lapangan, faktor itu berdampak buruk pada performa kami. Tapi tetap kami tidak menyerah, saya mengucapkan selamat dan terima kasih kepada para pemain saya yang memiliki peforma bagus,” jelas Shin Tae-yong.

Meski tidak meraih kemenangan di dua laga away, Shin Tae-yong masih memiliki keyakinan besar untuk Timnas Indonesia bisa lolos ke fase berikutnya.

Terlebih bagi dia Timnas Indonesia masih memiliki tiga laga yang bakal berlangsung di Indonesia. Bila bermain di Indonesia Shin Tae-yong menilai Timnas Indonesia memiliki kekuatan yang lebih.

“Kami memiliki satu poin dari dua laga away. Tapi kami punya tiga laga home dan kami sangat kuat ketika bermain di kandang.”

“Saya masih merasa positif dan percaya diri,” tukas pelatih 53 tahun ini.

Selepas dua laga away ini, Timnas Indonesia akan menjamu Vietnam pada 21 Maret 2024. Selepas itu Timnas Indonesia gantian bertandang ke Vietnam pada 26 Maret 2024 mendatang.