In-depth

Rekor Buruk Tandang Timnas Indonesia di Era Shin Tae-yong, Layak Dipertahankan?

Rabu, 22 November 2023 13:43 WIB
Editor: Juni Adi
© pssi.org
Timnas Indonesia saat menjalani latihan perdana di Irak dengan pelatih Shin Tae-yong, usai tiba pada hari Minggu (12/11/23) di Stadion Internasional Basra, Irak. (Foto: pssi.org) Copyright: © pssi.org
Timnas Indonesia saat menjalani latihan perdana di Irak dengan pelatih Shin Tae-yong, usai tiba pada hari Minggu (12/11/23) di Stadion Internasional Basra, Irak. (Foto: pssi.org)

INDOSPORT.COM Timnas Indonesia kembali gagal mendulang tiga poin di pertandingan tandang kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026. Sosok Shin Tae-yong pun disorot karena rekor buruk tandangnya.

Hasil kurang memuaskan dialami oleh timnas Indonesia kala bertandang ke markas Filipina di pertandingan kedua babak penyisihan grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Rizal Memorial pada Selasa (22/11/23) kemarin.

Timnas Indonesia hanya bisa membawa pulang satu poin karena bermain imbang 1-1. Filipina sempat unggul lebih dahulu melalui gol Patrick Reichelt menit ke-23.

Skor 1-0 bertahan hingga babak pertama usai. Memasuki babak kedua, timnas Indonesia mampu bangkit dan menyamakan kedudukan melalui gol Saddil Ramdani menit ke-70.

Di sisa waktu yang ada, timnas Indonesia tak mampu mencetak gol tambahan begitu juga dengan tuan rumah, kedudukan imbang 1-1 bertahan hingga pertandingan usai.

Berkat hasil ini, timnas Indonesia tak mampu meranjak dari juru kunci grup F dengan 1 poin. Filipina berada di peringkat ke-3 atau di atas Indonesia dengan 1 poin juga.

Timnas Indonesia tertinggal lima angka dari Irak di puncak klasemen, dan terpaut dua poin dari Vietnam di tempat kedua. 

“Dalam dua pertandingan awal, kami mengalami banyak kesulitan, salah satunya perjalanan yang sangat panjang dan membutuhkan waktu lama,” kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers usai laga.

“Kami menempuh perjalanan jauh hingga perbedaan waktu,” lanjut Shin Tae-yong.

Usai pertandingan Shin Tae-yong pun menjadi sorotan karena belum mampu mengangkat performa timnas Indonesia di level Asia, meski sebelumnya publik sempat optimis kiprah Skuad Garuda bisa bersaing.

Hal itu tercermin ketika banyak pertandingan internasional yang mampu dimenangkan oleh timnas Indonesia dalam agenda FIFA Matchday sebelum melakoni babak penyisihan grup Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Seperti menang 2-0 atas Turkmenistan, menang 3-1 atas Burundi, menang 2-1 atas Kuwait, menang 2-1 atas Curacao dan hanya tunduk dari 0-2 dari sang juara dunia, Argentina.