In-depth

Garuda Tak Lagi Digdaya! 5 Hasil Timnas Indonesia vs Filipina Terbaru yang 'Memalukan'

Rabu, 22 November 2023 07:00 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© PSSI
Timnas Indonesia hanya bisa memaksakan hasil imbang 1-1 saat bertandang ke markas Filipina dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Selasa (21/11/23). Copyright: © PSSI
Timnas Indonesia hanya bisa memaksakan hasil imbang 1-1 saat bertandang ke markas Filipina dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Selasa (21/11/23).

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia hanya bisa memaksakan hasil imbang 1-1 saat bertandang ke markas Filipina dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Selasa (21/11/23).

Selain memperkecil kans untuk lolos ke fase berikutnya, hasil ini juga kian mengikis dominasi Tim Garuda atas The Azkals yang sebelumnya selalu jadi lumbung gol mereka.

Datang ke Rizal Memorial Stadium dengan motivasi tinggi demi melampiaskan rasa kesal usai kekalahan 5-1 dari Irak pekan lalu, timnas Indonesia yang di atas kertas lebih diunggulkan justru dikagetkan dengan permainan Filipina.

Di hadapan pendukungnya sendiri, Filipina mampu unggul lebih dulu di menit ke-23 via gol Patrick Reichelt.

Memanfaatkan tingginya garis pertahanan tim tamu, penyerang milik Kuala Lumpur City FC itu pun dengan mudah menjaringkan bola ke tiang jauh gawang kawalan Ernando Ari.

Gol balasan timnas Indonesia baru hadir di menit ke-71 usai assist dari Ricky Kambuaya berhasil dituntaskan Saddil Ramdani dengan curve ball yang bersarang ke pojok kanan atas gawang Filipina.

Sayang momentum tersebut tidak berhasil membawakan pasukan asuhan Shin Tae-yong untuk comeback dan merebut poin penuh. 1-1 kemudian menjadi skor akhir pertandingan.

Hasil ini sangat memprihatinkan karena kini rekor buruk melawan Filipina di ajang internasional semakin bertambah jelek saja.

Timnas Indonesia tercatat hanya sekali menang dari lima duel terakhir dengan empat lainnya berujung sekali kalah dan tiga kali imbang.

Kemenangan tersebut hadir pada ajang Piala AFF 2022 lalu pada 2 Januari 2023 di pertandingan terakhir fase grup yang tidak lagi menentukan status kelolosan kedua tim.

Padahal sebelumnya Merah-Putih sempat punya dominasi lebih dari 50 tahun atas sang rival Asiang Tenggara yang diwarnai 20 laga tanpa kalah termasuk 12 win streak dari Agustus 1984 sampai 19 Desember 2010.

PSSI dan Shin Tae-yong harus menyadari jika melawan Filipina saja sulit untuk menang maka jangan dulu bicara level Asia. Temukan dulu solusi pemulihan dominasi dengan belajar dari 5 laga berikut ini.