Liga 1

Persik Kediri Resmikan Ze Valente dari Persebaya Surabaya, Bagaimana Skemanya?

Kamis, 23 November 2023 13:53 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Isman Fadil
© MO Persik Kediri
Ze Valente dijaga ketat pemain Persik, Ady Eko pada laga pekan ke-17 Liga 1 2023/2024 di Stadion Brawijaya, Jumat (27/10/23). Copyright: © MO Persik Kediri
Ze Valente dijaga ketat pemain Persik, Ady Eko pada laga pekan ke-17 Liga 1 2023/2024 di Stadion Brawijaya, Jumat (27/10/23).

INDOSPORT.COM - Persik Kediri akhirnya meresmikan Jose Pedro Magalhaes "Ze" Valente sebagai rekrutan terbaru pada bursa transfer Liga 1 2023/2024 periode kedua, November ini.

Merapatnya Ze Valente sebenarnya sudah tercium sejak teka teki yang dicetuskan Persik melalui Instagram, berbarengan dengan peresmian Irfan Bachdim, Senin (20/11/23).

Namun, tim berjulukan Macan Putih baru mengenalkan playmaker kebangsaan Portugal itu pada Selasa (21/11/23) usai mengikuti program latihan tim.

Bergabungnya Ze Valente jelas menambah garang lini serang Persik Kediri pada putaran kedua nanti. Umpan-umpan manjanya akan dinantikan suporter.

"Ze Valente pemain bagus dan berkualitas. Tentu, kehadirannya akan menambah kualitas permainan tim ini," bilang Pelatih Persik Kediri, Marcelo Rospide.

Tak cuma dari segi teknis, faktor non teknis juga membuat pemain berusia 29 tahun itu punya nilai plus di mata klub kebanggaan masyarakat Kota Tahu itu.

Ze sudah 2 musim terakhir berlaga di kompetisi Liga 1. Dia didatangkan PSS Sleman pada awal putaran pertama 2022/2023, mencatat 1 gol dan 2 assist dalam 14 laga.

Kiprahnya berlanjut di Persebaya Surabaya untuk putaran kedua. Ze kemudian mencetak 4 gol dan 6 assist selama 16 kali berlaga di Liga 1 musim lalu.

Sementara pada Liga 1 musim 2023/2024, Ze Valente juga cukup kontributif. Dia mencetak 2 gol dan 3 assist dalam 13 laga kompetisi untuk Persebaya.

"Saya yakin, dia tidak akan sulit beradaptasi karena sudah dua musim terakhir mengenal sepak bola Indonesia," pelatih kebangsaan Brasil itu menambahkan.

Tak Permanen

Sebagaimana diketahui, Ze Valante sejatinya masih sah sebagai pemain Persebaya Surabaya lantaran memiliki kontrak berdurasi panjang.

Pasca tampil apik di putaran kedua 2022/2023, Persebaya kemudian memberinya kontrak 2 tahun pada Maret 2023 dan baru berakhir pada 2025 mendatang.

Lantas, bagaimana skema kepindahan playmaker yang juga putra dari Pelatih Arema FC, Fernando Valente itu dari Persebaya ke Persik Kediri?

"Persebaya, Persik dan Ze Valente telah mencapai kesepakatan untuk peminjaman pemain asal Portugal tersebut," tulis Persebaya di Instagram Senin (21/11/23).

Itu artinya, Ze tak diikat kontrak secara permanen oleh Tim Macan Putih. Dia akan dipinjam selama 6 bulan sampai Liga 1 rampung pada April 2024 mendatang.

Pihak Persik juga tak menjelaskan secara rinci perihal klausul kontraknya. Apakah Persik hanya akan membayarkan gaji sesuai kontraknya selama peminjaman.

Bisa saja, skema peminjaman ini sebagaimana yang dialami Gustavo Almeida dengan disertai kucuran dana segar sebagai kompensasi dari Arema FC ke Persija Jakarta.

Tapi yang jelas, kedatangan Ze Valente sesuai kebutuhan tim. Dia menjadi nama ke-4 yang didatangkan Persik setelah Miswar Saputra, Ahmad Nuri Fasya dan Irfan Bachdim.