Timnas Indonesia

Shin Tae-yong Rindu Sosok Marselino Ferdinan dan Ivar Jenner di Timnas Indonesia

Kamis, 23 November 2023 06:30 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengaku sangat kehilangan, Marselino Ferdinan di dalam skuat Timnas Indonesia. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengaku sangat kehilangan, Marselino Ferdinan di dalam skuat Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengaku sangat kehilangan, Marselino Ferdinan di dalam skuat Timnas Indonesia. Baginya sosok Marselino sangat memberikan pengaruh besar di Timnas Indonesia.

Timnas Indonesia memang tidak bisa berbuat banyak di dua laga away grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Dalam dua laga awal ini Timnas Indonesia tidak bisa meraih kemenangan.

Pada laga perdana, Timnas Indonesia dipukul telak 5-1 oleh Timnas Irak dalam laga yang berlangsung di Stadion Internasional Basra 16 November lalu.

Pada match kedua, Timnas Indonesia hanya bermain imbang 1-1 saat menghadapi tuan rumah Filipina di Rizal Memorial Stadium, Selasa (21/11/23) malam.

Gagal meraih kemenangan dalam dua laga awal ini pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memiliki dalih anak asuhnya memiliki banyak kendala dalam dua laga away.

Di mulai dari jauhnya jarak, kualitas lapangan dan juga perbedaan waktu menjadi kendala bagi Rizky Ridho dan kolega.

“Dalam dua laga away beruntun kami banyak mengalami kesulitan. Kami menjalani perjalanan yang jauh, perbedaan waktu, dan lapangan ini tidak familiar bagi kami,” ucap Shin Tae-yong.

Selain itu Shin Tae-yong menilai dirinya kehilangan dua pemain andalannya yakni Marselino Ferdinan dan Ivar Jenner. Pelatih asal Korea Selatan ini menilai bila keduanya hadir bisa memberikan warna berbeda untuk Timnas Indonesia.

“Saya tak bisa bilang Marselino bisa mengubah hasil laga ini. Tapi tetap saja Marselino dan Ivar yang absen adalah pemain penting kami," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers usai laga melawan Fililina.

"Absennya mereka membuat kami agak kesusahan," sambung mantan juru formasi Korea Selatan di Piala Dunia 2018 tersebut.

Sebagai informasi, Hasil seri ini membuat Timnas Indonesia berada di dasar klasemen sementara Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Total, tim Merah Putih mengoleksi 1 poin dari dua laga.

Pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 berikutnya baru akan berlangsung pertengahan 2024. Kini, Shin Tae-yong bisa fokus siapkan tim buat Piala Asia 2023.

Kejuaraan itu berlangsung awal Januari 2024. Timnas Indonesia berada di grup berat bersama Irak, Vietnam, dan Jepang.