In-depth

5 Klub dengan Beban Gaji Terbesar di Eropa: PSG Boros, Man United Urutan ke-4

Sabtu, 25 November 2023 14:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Liselotte Sabroe/Ritzau Scanpix via REUTERS
Menilik lima klub dengan beban gaji terbesar di Eropa saat ini, di mana Paris Saint-Germain menjadi tim terboros dan Manchester United di urutan ke-4. Copyright: © Liselotte Sabroe/Ritzau Scanpix via REUTERS
Menilik lima klub dengan beban gaji terbesar di Eropa saat ini, di mana Paris Saint-Germain menjadi tim terboros dan Manchester United di urutan ke-4.

INDOSPORT.COM – Menilik lima klub dengan beban gaji terbesar di Eropa saat ini, di mana Paris Saint-Germain menjadi tim terboros dan Manchester United di urutan ke-4.

Bukan rahasia lagi jika sepak bola Eropa menjadi tujuan banyak pesepak bola dunia. Selain ketenaran yang bisa didapat, bayaran besar pun menjadi faktor pendukungnya.

Sebelum Arab Saudi memberi gaji gila-gilaan ke pemainnya, sepak bola Eropa lebih dulu memberikan gaji fantastis yang membuat pemain berhasrat bisa tampil di setiap kompetisinya.

Bayangkan saja, sebelum gencarnya Liga Arab Saudi memberi gaji, pesepak bola di Eropa bisa mengantongi puluhan miliar hanya per pekannya saja.

Bahkan kebiasaan memberi gaji besar untuk pemain di sepak bola Eropa saat ini masih terus berlanjut, yang membuat setiap pemain makin berhasrat bisa diboyong klub-klub besar.

Di Eropa saat ini, ada beberapa klub dengan beban gaji besar karena membayar pemain-pemainnya. Siapa saja klub yang berada di posisi lima teratas dengan beban gaji terbesar di benua biru?

5. Manchester City

Manchester City menjadi klub dengan beban gaji terbesar kelima di Eropa pada musim 2023/2024 ini dengan beban gaji sebesar 229 juta euro (Rp3,8 triliun) per tahun.

Jika dihitung per pekannya, maka Man City membayar gaji sebesar 4,4 juta euro (Rp74,8 miliar) per pekannya untuk para pemainnya musim ini.

Dari seluruh pemain yang ada di skuad Man City saat ini, nama Kevin De Bruyne menjadi pemain dengan gaji terbesar yakni hampir 24 juta euro (Rp408 miliar) per tahunnya.

4. Manchester United

Manchester United juga masuk daftar ini mengingat kebiasannya memberi gaji besar kepada para pemain yang didatangkannya atau yang telah lama berada di klub.

Beban gaji Man United per tahunnya menyentuh angka 236 juta euro (Rp4 triliun) per tahunnya, atau sekitar 4,5 juta euro (Rp76,5 miliar) per pekan.

Untuk pemain dengan bayaran terbesar di Man United jatuh pada Casemiro yang didatangkan pada 2022 lalu. Ia dibayar hampir 21 juta euro (Rp357 miliar) per tahunnya.