Piala Dunia

Dijuluki 'The Next Klose', Top Skor Jerman U-17 Max Moerstedt Malah Idolakan Bomber Polandia

Sabtu, 25 November 2023 14:35 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Kegembiraan para pemain Jerman usai mengalahkan Spanyol dan lolos ke semifinal pada laga 8 besar Piala Dunia U-17 2023 di Stadion JIS, Jumat (24/11/23). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Kegembiraan para pemain Jerman usai mengalahkan Spanyol dan lolos ke semifinal pada laga 8 besar Piala Dunia U-17 2023 di Stadion JIS, Jumat (24/11/23).

INDOSPORT.COM - Striker Timnas Jerman U-17, Max Moerstedt, sangat senang bisa membawa negaranya lolos ke babak semifinal Piala Dunia U-17 2023. Dia menyatakan siap lawan tim mana pun di fase berikutnya.

Jerman U-17 lolos ke semifinal, setelah kalahkan Spanyol U-17 dengan skor tipis, 1-0 pada Jumat (24/11/23) di Jakarta International Stadium (JIS). Satu-satunya gol Der Panzer dicetak oleh Paris Brunner lewat titik penalti (64').

Pada laga kemarin sore, Max tampil sebagai starter dan bermain selama 74 menit. "The Next Klose" ini mengaku sangat bahagia, lantaran Jerman bisa atasi Spanyol yang juga salah satu favorit juara Piala Dunia U-17 2023.

“Saya sangat senang bisa lolos ke babak selanjutnya, tadi merupakan pertandingan yang sulit untuk kami. Menurut saya babak pertama kami hanya bermain bertahan, tapi pada akhirnya kami mendapat penalti dan kami semua senang,” ujarnya.

“Kami semua sangat senang untuk mencapai babak selanjutnya dan sekarang kami ingin memenangkan Piala Dunia,” ujar Max.

Pemain 17 tahun itu menyatakan siap melawan tim manapun yang jadi penantang di semifinal Piala Dunia U-17 2023. Yang terpenting adalah Max dan rekan-rekannya fokus lakukan recovery, evaluasi secara matang.

“Saya pikir, saya hanya fokus kepada pertandingan ini (Jerman vs Spanyol) dan kami senang bisa berada di babak selanjutnya. Hari berikutnya baru kami akan fokus kepada Brasil atau Argentina,” ucapnya.

“Saya tidak tahu, tapi untuk saya, saya akan senang bisa bertanding melawan Argentina atau Brasil,” tambah Max.

Ingin Jadi Klose, tapi Idolakan Lewandowski

Lebih lanjut, striker TSG 1899 Hoffenheim U-19 itu bertekad jadi "The Next Miroslav Klose". Kini, Max sudah koleksi tiga gol di Piala Dunia U-17 2023 atau tertinggal dua gol dari Agustin Ruberto dan Claudio Echeverri dari Argentina U-17.

“Saya pikir itu sebuah kehormatan jika saya bisa menolong tim dengan mencetak gol dan itu hal yang paling penting dan saya bangga akan hal tersebut,” ujarnya.

“Itu masih sangat jauh (jadi penerus Klose), tapi saya berharap demikian dan saat ini masih terus berusaha, lalu kita akan lihat nanti. Tidak (tak ada tekanan) dan saya pikir itu menjadi motivasi untuk mencapai sesuatu yang lebih besar,” katanya menyoal disandingkan dengan Klose.

Menariknya, Max menyebut role modelnya jadi predator ganas kotak penalti ternyata bukan Klose. Secara spesifik, dia menyebut nama striker Barcelona, Robert Lewandowski dan stiker Manchester City, Erling Haaland.

“Lewandowski atau Haaland. Mereka penyerang bagus,” ungkapnya.

Selama beraksi di Piala Dunia U-17 2023, baik di Bandung maupun Jakarta, Max Moerstedt mengaku antusias. Sebab, banyak yang mendukung Jerman baik warga negaranya maupun masyarakat lokal. 

Dia juga telah mencoba makanan Indonesia dan menurutnya cukup menarik, meski tidak banyak eksplor lantaran aktivitasnya terbatas di hotel saja.