Timnas Indonesia

3 Alasan Mano Polking Cocok Tangani Timnas Indonesia, Gantikan Shin Tae-yong?

Minggu, 26 November 2023 06:22 WIB
Editor: Juni Adi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Thailand Alexandre Mano Polking pada jumpa pers jelang laga ketiga grup A Piala AFF 2022 antara Indonesia vs Thailand di Media Center stadion GBK, Rabu (28/12/22). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Thailand Alexandre Mano Polking pada jumpa pers jelang laga ketiga grup A Piala AFF 2022 antara Indonesia vs Thailand di Media Center stadion GBK, Rabu (28/12/22).

INDOSPORT.COMAlexandre Polking belakangan jadi buah bibir para pecinta sepak bola di kawasan ASEAN menyusul pengunduran dirinya dari kursi pelatih Thailand. Namanya sempat mengemuka untuk jadi pengganti Shin Tae-yong.

Kabar mengejutkan datang dari timnas sepak bola putra Thailand. Sang pelatih, Alexandre "Mano" Polking resmi dipecat.

Kepastian ini didapat dari unggahan di akun Instagram resmi Timnas Thailand, @changsuek, Rabu (22/11/23).

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Alexandre Polking yang telah menjabat sebagai pelatih kepala tim nasional Thailand selama 2 tahun 56 hari," tulis @changsuek.

"Ia membuat masyarakat Thailand bahagia dan tersenyum dengan memimpin Tim Nasional Thailand memenangkan Kejuaraan ASEAN 2 kali berturut-turut."

"Terima kasih atas komitmen, dedikasi, dan kekuatan fisik serta mental selama bertugas sebagai pelatih kepala Tim Nasional Thailand. Semoga 'Mano' Polking sukses ke depannya."

Pengunduran diri Alexander Polking disambut riuh oleh publik Tanah Air terutama di media sosial, karena banyak warganet yang berpendapat ia cocok jadi pengganti Shin Tae-yong di timnas Indonesia.

Saat ini kinerja Shin Tae-yong memang sedang menjadi sorotan menyusul kegagalan Skuad Garuda meraih hasil positif di dua laga awal Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Pertama timnas Indonesia tunduk 1-5 dari Irak kemudian ditahan imbang 1-1 oleh Filipina. Padahal performa Elkan Baggott cs sebelum menjalani agenda ini cukup memuaskan.

Di sejumlah pertandingan uji coba internasional FIFA Matchday mereka banyak meraih kemenangan, hal itu membuat publik optimis timnas Indonesia bisa bersaing. Nyatanya tidak demikian.

Tak heran opini mengganti Shin Tae-yong pun mulai bermunculan. Salah satu yang diminta oleh masyarakat adalah Alexander Polking. Alasan apa yang membuat ia cocok?