Liga 1

Menangi Derby Jatim, Persik Catatkan 3 Fakta Penting Usai Kalahkan Arema FC di Liga 1

Senin, 27 November 2023 21:25 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Juni Adi
© MO Persik Kediri
Selebrasi Anderson Nascimento usai mencetak gol ke gawang Arema bersama rekan tim Renan Silva dan Zé Valente pada laga BRI Liga 1 di Stadion  Kapten I Wayan Dipta (Gianyar), Senin (27/11/23). (Foto: MO Persik Kediri) Copyright: © MO Persik Kediri
Selebrasi Anderson Nascimento usai mencetak gol ke gawang Arema bersama rekan tim Renan Silva dan Zé Valente pada laga BRI Liga 1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar), Senin (27/11/23). (Foto: MO Persik Kediri)

INDOSPORT.COM - Persik Kediri sukses mewujudkan targetnya untuk membawa pulang poin penuh saat menantang Arema FC dalam Derby Jatim pada pekan ke-20 Liga 1 2023/2024.

Persik memetik kemenangan tipis 1-0 melalui gol Anderson Nascimento pada menit 74 di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar Bali, Senin (27/11/23).

Hasil yang tentu sangat melegakan segenap penggawa tim berjulukan Macan Putih. Karena tambahan poin membuat Persik membuka kans untuk bersaing di 4 besar.

Persik kini menghuni peringkat ke-7 klasemen Liga 1 dengan 29 poin. Simen Lyngbo dkk hanya terpaut 5 poin saja dari PSIS Semarang yang menghuni 4 besar klasemen.

"Seperti yang saya bilang, laga ini berjalan sangat sulit. Semua derby tidak pernah mudah," kata Marcelo Rospide saat sesi post-match press conferrence.

"Arema FC bertahan dengan sangat baik. Tapi kemenangan ini membuat kami menatap lebih optimis untuk meramaikan papan atas klasemen," imbuh Pelatih Persik itu.

Ada 2 faktor yang membuat Persik mengemas 3 angka. Yang pertama adalah kartu merah Jayus Hariono pada menit 49, yang membuat mereka tampil dominan.

Faktor kedua, adalah peran para pemain debutan. Khususnya Ze Valente, yang langsung memberi kontribusi penting melalui assist terhadap gol Anderson.

"Saya patut apresiasi kepada mereka. Bachdim dan Ze Valente tampil bagus, dan memberi kami tambahan opsi untuk memecah kebuntuan," urai Rospide.

Persik Kediri pun membuka kans untuk tampil di babak perebutan gelar alias 4 besar. Lalu, apa saja 3 fakta penting usai kemenangan Persik 1-0 atas Arema FC?

Dominasi Persik

Hasil ini membuat tim berjulukan Macan Putih memegang dominasi dalam aspek head to head atas Arema FC sepanjang tahun ini.

Persik menyapu bersih 3 pertemuan dengan kemenangan alias 9 poin. Dimulai dari kemenangan 3-2 saat Arema FC bermain home di Stadion PTIK Jakarta (28/2/23).

Kemenangan lainnya dengan skor telak 5-2 pada putaran pertama Liga 1 di Kediri (15/7/23) dan 1-0 pada putaran kedua di Bali (27/11/23).

Assist Debutan

Kemenangan Persik 1-0 atas Arema FC tak bisa lepas dari peran pemain debutan. Gol Anderson adalah hasil umpan lambung Ze Valente dalam situasi sepak pojok menit 73.

Playmaker Portugal itu pun mencatat debut dengan assist penting, pasca menjadi bagian Tim Macan Putih dengan status pinjaman dari Persebaya Surabaya.

Hebatnya, Ze mencatat assist itu hanya berselang 6 menit usai menggantikan Ady Eko Jayanto pada menit 67. Selain Ze, debutan Persik adalah Irfan Bachdim.

Gol Krusial Anderson

Anderson Nascimento lantas mencatatkan fakta unik lain selepas golnya menit 74 yang membedakan hasil akhir antara Persik Kediri kontra Arema FC (27/11/23).

Itu adalah gol ketiganya untuk Tim Macan Putih, dan semuanya bersifat krusial. Sebelumnya, dia melesakkan 2 gol yang turut menentukan hasil akhir.

Anderson berhasil mengubah hasil kontra Borneo FC menjadi imbang 1-1 dari golnya menit 92 (3/7/23). Gol keduanya juga terjadi pada menit akhir dan menentukan kemenangan Persik 3-2 atas Persikabo (23/9/23).