In-depth

Profil Kevin Ray Mendoza, Calon Kiper Anyar Persib Bandung dengan Cita Rasa Eropa

Senin, 27 November 2023 11:15 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
© Instagram @kevinraymendoza
Kevin Ray Mendoza, kiper Timnas Filipina yang kabarnya merapat ke Persib Bandung di bursa transfer Liga 1. (Foto: IG @kevinraymendoza) Copyright: © Instagram @kevinraymendoza
Kevin Ray Mendoza, kiper Timnas Filipina yang kabarnya merapat ke Persib Bandung di bursa transfer Liga 1. (Foto: IG @kevinraymendoza)

INDOSPORT.COM - Profil Kevin Ray Mendoza, calon kiper asing Persib Bandung pada putaran kedua Liga 1 2023/2024. Meski berpaspor Filipina, tetapi ia memiliki kualitas Eropa.

Bursa transfer paruh musim BRI Liga 1 akan segera ditutup pada Selasa (28/11/23). Persib Bandung kabarnya akan kedatangan pemain baru di posisi kiper, yakni Kevin Ray Mendoza.

Kiper berusia 29 tahun itu sudah menuliskan salam perpisahan dengan klubnya musim ini, Kuala Lumpur City FC, meskipun Liga Super Malaysia masih bergulir sampai Desember.

Demikian pula Kuala Lumpur City juga telah membuatkan sesi perpisahan khusus dengan Mendoza di Stadium Cheras. Ia dianggap jadi salah satu pemain paling kontributif di tim.

Sejak membela Kuala Lumpur City pada tahun 2021, Mendoza telah mencatatkan 69 penampilan sebagai kiper utama di timnya, termasuk 17 penampilan pada musim 2023 ini.

Sepanjang kiprahnya bersama The City Boys, Mendoza telah membantu tim meraih gelar juara Piala Malaysia (2021), runner-up Piala AFC (2022) dan runner up Piala FA (2023).

Menariknya, media Malaysia sudah menduga kemana Kevin Ray Mendoza akan berlabuh. Ia diyakini akan menyusul pelatih Bojan Hodak ke Liga 1 dan membela Persib Bandung.

"Kevin Ray Mendoza mengikuti Bojan Hodak. Kiper KL City itu bakal meninggalkan The City Boys untuk bergabung ke Persib Bandung," tulis Zulhelmi Zainal Azam dari Astro Arena.

Mendengar hal itu, penggemar Persib Bandung auto semringah. Pasalnya, Kevin Ray Mendoza memiliki latar belakang yang tidak main-main.

Seperti apa profil Kevin Ray Mendoza, kiper yang diidamkan oleh klub besar Malaysia hingga Indonesia? Berikut ulasan INDOSPORT selengkapnya.

Profil Kevin Ray Mendoza

Kevin Ray Mendoza merupakan pemain sepak bola kelahiran Denmark, 29 September 1994. Dengan postur tubuhnya yang jangkung khas Eropa, Mendoza memilih bermain di posisi kiper.

Mendoza menghabiskan masa mudanya di Denmark. Ia menimba ilmu sepak bola di FC Midtjylland, kemudian pindah ke tim junior Viborg FF, hingga naik kelas ke tim senior.

Setelah itu, Kevin Ray Mendoza silih berganti membela klub Denmark sampai tahun 2020. Salah satu pencapaiannya yakni tampil di 62 laga bersama klub Thisted selama 2015-2018.

Kevin Ray Mendoza juga mencatatkan 35 caps saat menbela HB Koge selama tahun 2019-2020, lalu mengukir 16 caps ketika ia membela Vendsyssel FF di tahun 2020.

Pada tahun 2021 lalu, Kevin Ray Mendoza memutuskan untuk keluar dari zona nyaman dan bermain di Kuala Lumpur City FC di Malaysia.

Entah bagaimana, Mendy juga dipanggil untuk membela Timnas Filipina. Barangkali kiper 29 tahun itu memiliki silsilah keturunan Filipina dari orang tuanya.

Selama berseragam Timnas Filipina, Kevin Ray Mendoza berkontribusi dalam 7 laga, dengan torehan 2 kali cleansheet dan kebobolan 10 gol.

Sedangkan saat membela Kuala Lumpur City sejak tahun 2021, Mendoza mencatatkan 69 penampilan di bawah mistar gawang tim, termasuk 17 penampilan pada musim 2023 ini.

Mendoza dianggap sebagai pemain paling penting saat membawa KL City meraih gelar juara Piala Malaysia (2021), runner up Piala AFC (2022) dan runner up Piala FA (2023).

Dengan posisi Persib Bandung yang berada di papan atas Liga 1, bukan tidak mungkin jika Kevin Ray Mendoza juga akan membawa Maung Bandung mengangkat trofi juara.