Liga 1

Tak Diizinkan Masuk Stadion, Oknum Suporter Persib Ricuh di Tangerang

Minggu, 26 November 2023 21:40 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT
Oknum Suporter Persib Bandung Ricuh Memaksa Masuk Indomilk Arena, Minggu (26/11/23) malam WIB. Copyright: © Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT
Oknum Suporter Persib Bandung Ricuh Memaksa Masuk Indomilk Arena, Minggu (26/11/23) malam WIB.

INDOSPORT.COM - Ratusan suporter hadir di Indomilk Arena, Tangerang untuk menyaksikan laga Dewa United vs Persib Bandung di pekan ke-20 Liga 1 2023/24, Minggu (26/11/23).

Padahal, laga Liga 1 2023-2024 antara Dewa United menjamu Persib Bandung sudah diumunkan tanpa dihadiri penonton.

Para suporter berada di depan Indomilk Arena dan dihadang petugas Kepolisian. Mereka tidak diizinkan masuk karena laga memang tidak boleh dihadiri penonton.

Perwakilan suporter, polisi dan panpel sedang berdiskusi untuk mengambil jalan tengah. Kabarnya, akan disiapkan layar lebar agar bisa disaksikan dari luar stadion.

Namun, tiba-tiba saja suporter yang berada di luar stadion menjadi tidak terkendali. Mereka mendobrak pagar pembatas yang dijaga polisi dan akhirnya terlibat kericuhan.

Lemparan batu, botol, botol kaca hingga kursi (yang awalnya disediakan untuk polisi) tak terhindarkan. Hal itu memaksa petugas kepolisian mengambil tindakan dengan menembakan gas air mata.

Beberapa orang polisi harus dirawat akibat kejadian malam ini. Lalu beberapa oknum suporter pun ditangkap dan dibawa petugas.

Suporter tersebut akhirnya bisa dipaksa mundur ke arah luar jalan menuju Karawaci dan Legok. Tapi, kericuhan terus berlanjut di luar jalan raya.

Saat ini, Kepolisian memutuskan menutup sementara akses jalan di depan Indomilk Arena. Petugas pun masih siaga berjaga di kedua sisi jalan.

Ketua Panpel Dewa United, Tommy Kurniawan belum bisa memberikan keterangan lebih detail. Dia turut berada di garis depan dan mengatakan matanya perih terkena gas air mata.

Meski demikian, ada puluhan suporter Persib yang akhirnya bisa masuk ke dalam stadion dan ada di tribun selatan. Kabarnya mereka diizinkan untuk menghindari kericuhan yang lebih besar.

Sebelumnya, pihak Persib Bandung sudah mengingatkan bobotoh untuk tidak memaksakan diri datang ke Stadion Indomilk Arena ,Tangerang untuk menyaksikan laga tandang melawan Dewa United.

Vice President Operational PT PERSIB Bandung Bermartabat, Andang Ruhiat menjelaskan, sebelum pengumuman Dewa United dan insiden kerusuhan suporter di Gresik, Persib selalu mengingatkan Bobotohnya untuk tidak datang pada pertandingan away.

"Larangan datang dalam pertandingan tandang itu bukan dari kita, tapi Regulasi Liga 1 2023/2024. Sekarang, pihak tuan rumah sudah memutuskan jika pertandingan melawan Persib tanpa penonton. Jadi, kita harus hargai itu," kata Andang.

Laga Dewa United vs Persib Bandung berakhir dengan kemenangan untuk tim tamu dengan skor 3-0 berkat gol Ciro Alves ('5, ‘31, ‘62) serta David da Silva ('48 dan ‘68).