Liga 1

Bursa Transfer Liga 1: Persib Bawa Pulang Henhen, Robi Darwis Dipinjamkan ke Dewa United

Rabu, 29 November 2023 14:03 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Isman Fadil
© Arif Rahman/INDOSPORT
Bek Persib, Henhen Herdiana. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Bek Persib, Henhen Herdiana.

INDOSPORT.COM - Persib Bandung resmi membawa pulang kembali Henhen Herdiana dan meminjamkan Robi Darwis, untuk putaran kedua kompetisi Liga 1 2023-2024.

Manajemen Persib Bandung dan Dewa United, sepakat untuk "pinjam tukar" pada putaran kedua kompetisi Liga 1 2023-2024 atas dasar kebutuhan tim yakni dengan membawa pulang Henhen Herdiana dan meminjamkan Robi Darwis.

September diketahui, Henhen Herdiana merupakan pemain Persib yang dipinjamkan ke Dewa United dengan durasi satu musim.

Namun, karena skuad Maung Bandung membutuhkan posisi bek kanan, maka pemain asal Cijerah, Kota Bandung itu akhirnya dibawa pulang kembali.

Sebelumnya, bek kanan Persib yakni I Putu Gede Juni Antara mendapatkan panggilan tugas dari Bhayangkara FC pada putaran kedua Liga 1 2023-2024. Dengan demikian, skuad Maung Bandung harus melepas pemain tersebut.

Deputi CEO PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono, mengucapkan selamat datang kepada Henhen Herdiana, diharapkan penampilannya bisa membawa tim kebanggaan Bobotoh semakin berprestasi.

"Klub menyampaikan selamat datang kembali kepada Henhen Herdiana. Henhen akan kembali bermain untuk PERSIB di putaran kedua Liga 1 2023/2024," kata Teddy Tjahjono, Rabu (29/11/23).

Henhen sendiri sebelumnya memperkuat Persib dan skuad Maung Bandung menjadi klub profesional pertamanya. Selain itu, dia merupakan pemain hasil binaan dari Diklat Persib dan bermain di posisi bek kanan.

Sejak mengawali debut di Liga 1 2017, Henhen sudah 89 kali memperkuat Persib Bandung di kompetisi resmi. Namun, pada awal musim 2023-2024 dia dipinjamkan ke Dewa United.

Selama dipinjamkan ke Dewa United, Henhen tampil dalam 14 pertandingan di kompetisi Liga 1 2023-2024, dari 14 laga 12 di antaranya dia tampil sebagai starter.

Dewa United sendiri setuju untuk mengembalikan Henhen Herdiana ke skuad Maung Bandung, namun dengan catatan bisa membawa Robi Darwis atau ditukar, karena tim pelatih klub tersebut saat ini sedang membutuhkan pemain di posisi gelandang. 


Dengan beberapa pertimbangan, di antaranya untuk memberikan kesempatan kepada Robi agar mendapatkan kesempatan bermain lebih banyak dan mengembangkan kariernya. 

Maka Persib Bandung mengizinkannya, untuk meminjamkan Robi Darwis selama sisa pertandingan di kompetisi Liga 1 2023-2024 ke Dewa United. 

Sejauh ini, hingga pekan ke-20 kompetisi Liga 1 2023-2024, Robi mendapatkan kesempatan bermain dalam 7 pertandingan bersama Persib. Dia harus bersaing dengan gelandang skuad Maung Bandung lainnya.

"Ini kesempatan yang sangat baik untuk Robi Darwis untuk mendapatkan lebih banyak menit bermain, pengalaman dan tentunya untuk mengembangkan kemampuannya, dan kembali ke Persib di musim depan. Semoga sukses, Robi," ucap Teddy.

Sementara itu, pada bursa transfer paruh musim kompetisi Liga 1 2023-2024, Persib juga mendatangkan dua pemain asing yakni Kevin Ray Mendoza Hansen dan Stefano Beltrame.

Kevin merupakan pemain yang berposisi sebagai kiper, bergabungnya pilar kelahiran Herning, Denmark, 29 September 1994, ini diharapkan bisa menambah kekuatan tim Maung Bandung di posisi penjaga gawang.

Apalagi, saat ini tim kebanggaan Bobotoh sedang bersaing di papan atas klasemen Liga 1 2023-2024, sehingga diharapkan kehadiran bisa membuat lini pertahanan Persib semakin kuat.

Selain itu, durasi kontrak Kevin Ray Mendoza Hansen bersama skuad Maung Bandung, menurut Teddy manajemen mengikat kontrak kiper anyar tersebut selama 18 bulan.

Sedangkan Stefano Beltrame merupakan pemain yang berposisi sebagai gelandang serang, manajemen Persib mengikat kontrak pemain kelahiran Biella, 8 Februari 1993 tersebut dengan durasi singkat yakni setengah musim atau 6 bulan.

Meski demikian, manajemen Persib dan Stefano membuka opsi perpanjangan, dengan demikian peluang pemain yang berposisi sebagai gelandang serang ini untuk tetap bertahan di skuad Maung Bandung pada kompetisi musim depan sangat terbuka.