Liga 1

Eks Juventus Era Antonio Conte, Stefano Beltrame Resmi Gabung Persib Bandung

Selasa, 28 November 2023 13:21 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Isman Fadil
© Instagram @stefano_beltrame
Stefano Beltrame saat berseragam Juventus (Foto: IG @stefano_beltrame) Copyright: © Instagram @stefano_beltrame
Stefano Beltrame saat berseragam Juventus (Foto: IG @stefano_beltrame)

INDOSPORT.COM - Persib Bandung resmi merekrut mantan pemain Juventus, Stefano Beltrame, menjelang ditutupnya pendaftaran pemain di bursa transfer paruh musim kompetisi Liga 1 2023-2024, Selasa (28/11/23).

Stefano menjadi pemain anyar kedua yang direkrut oleh Persib, untuk mengarungi putaran kedua kompetisi Liga 1 2023-2024, setelah kiper asal Filipina, Kevin Ray Mendoza Hansen, diumumkan lebih dulu manajemen skuad Maung Bandung.

Deputy CEO PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono, mengucapakan selamat datang kepada pemain berpaspor Italia tersebut, diharapkan kehadirannya bisa menambah kekuatan Persib di putaran kedua kompetisi Liga 1 2023-2024.

Selain itu, Teddy mengatakan manajemen Persib mengikat kontrak pemain kelahiran Biella, 8 Februari 1993 tersebut dengan durasi singkat yakni setengah musim atau 6 bulan.

Meski demikian, manajemen Persib dan Stefano membuka opsi perpanjangan, dengan demikian peluang pemain yang berposisi sebagai gelandang serang ini untuk tetap bertahan di skuad Maung Bandung pada kompetisi musim depan sangat terbuka.

"Wilujeng sumping, Stefano. Stefano akan memperkuat Persib dengan ikatan kontrak 6 bulan ke depan dengan opsi perpanjangan," kata Teddy Tjahjono, Selasa (28/11/23).

Stefano sendiri merupakan pemain berkebangsaan Italia pertama yang bergabung dengan tim Maung Bandung, sejak menggunakan jasa pemain asing pada Liga Indonesia 2003 silam. 

Selain itu, sebelum menjadi bagian dari skuad Maung Bandung, Stefano bermain untuk klub asal Portugal, CS Maritimo Funchal (2020-2023). Bersama klub tersebut dia bermain sebanyak 43 pertandingan dan mencetak 2 gol. 

Stefano juga tercatat pernah membela Juventus di Serie A Liga Italia. Saat itu, dimasukkan pelatih Antonio Conte menggantikan Claudio Marchisio ketika Si Nyonya Tua ditahan imbang 1-1 oleh Genoa, Januari 2013 silam.

Bergabungnya Stefano, membuat posisi gelandang serang di tim kebanggaan Bobotoh kembali terisi, setelah manajemen Persib mengembalikan Levy Madinda ke klub lamanya Johor Darul Takzim.

Gelandang asal Gabon tersebut, dikembalikan ke JDT karena durasi peminjamannya sudah berakhir. Sehingga, di hanya setengah musim memperkuat Persib.

Saat itu, gelandang yang menggunakan nomor punggung 15 ini didatangkan untuk mengisi posisi yang ditinggalkan oleh Tyronne del Pino, lantaran pemain asal Spanyol itu mengalami cedera dan menjalankan program pemulihan di negaranya.

Saat bergabung dengan Persib, Levy Madinda memulai debut di kompetisi Liga 1 2023-2024 pada laga kandang kontra Bali United di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, 3 Agustus 2023. 

Pada debutnya bersama Persib, pemain asal Gabon ini hanya bermain selama 22 menit dan pertandingan pekan ke-6 tersebut berakhir dengan skor imbang 0-0.

Selama dipinjamkan ke Persib, Levy Madinda sering tampil sebagai starter dan total mendapatkan kesempatan bermain dalam 15 pertandingan di kompetisi Liga 1 2023-2024, dengan mengumpulkan 1.114 menit bermain.

Selain itu, Levy Madinda juga berhasil mencetak satu gol bagi tim kebanggaan Bobotoh, gol tersebut dicetak pada pertandingan kandang pada pekan 8 menghadapi Barito Putera di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), 13 Agustus 2023 lalu.

Sementara itu, dengan dikembalikannya Levy Madinda ke JDT dan bergabungnya Stefano Beltrame, maka Tyronne del Pino berpeluang tidak didaftarkan untuk menghadapi putaran kedua kompetisi Liga 1 2023-2024. 

Bahkan, bakal ada satu pemain asing lainnya di tim Persib yang berpeluang untuk dilepas, karena kuota legiun impor di tim kebanggaan Bobotoh lebih satu, setelah bergabungnya Stefano Beltrame dan Kevin Ray Mendoza Hansen.

Seperti diketahui, Persib saat ini memiliki Nick Kuipers, Alberto Rodriguez Martin, Daisuke Sato, David da Silva dan Ciro Alves, plus Stefano Beltrame dan Kevin Ray Mendoza Hansen.

Sedangkan kuota pemain asing yang bisa didaftarkan oleh tim peserta kompetisi Liga 1 2023-2024 sebanyak 5 (asing bebas) + 1 (anggota ASEAN).