Liga Indonesia

Markas Segera Direnovasi, ke Mana 3 Klub Jatim Lanjutkan Kiprah di Liga 2?

Rabu, 29 November 2023 18:26 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Isman Fadil
© MO Persela Lamongan
Selebrasi gol Campbell dan Escobar ke gawang Persekat pada laga Pegadaian Liga 2. (Foto: MO Persela Lamongan) Copyright: © MO Persela Lamongan
Selebrasi gol Campbell dan Escobar ke gawang Persekat pada laga Pegadaian Liga 2. (Foto: MO Persela Lamongan)

INDOSPORT.COM - Klub kontestan Liga 2 2023/2024 tak hanya dipusingkan dengan tingkat persaingan yang sengit untuk merebut babak 12 besar atau championship.

Namun juga bagaimana memikirkan kelanjutan kiprah mereka di kompetisi kasta kedua tanah air itu. Pasalnya, sebentar lagi markas mereka segera dilakukan renovasi.

Persela Lamongan mau tak mau harus segera mencari pengganti Stadion Surajaya. Laga menjamu Deltras FC Kamis (30/11/23), jadi ajang perpisahan.

Nasib serupa juga dialami kompetitor Persela di Grup 3, Deltras FC. Tim berjulukan The Lobster itu juga mesti memikirkan markas sementara dalam waktu dekat.

Renovasi yang bakal digelar di Stadion Gelora Delta Sidoarjo mulai Desember 2023 hingga Juli 2024, membuat Deltras FC harus bertanding di luar Kota Udang.

Sementara Stadion Gelora Joko Samudro juga tak luput dari rencana renovasi. Gresik United bahkan berpikir keras lantaran punya sisa jadwal laga paling banyak.

Lantas, kemana kah 3 tim kontestan Liga 2 asal Jatim ini akan melanjutkan kiprah akibat markasnya direnovasi? Berikut beberapa stadion di Jatim sebagai opsinya.

Stadion Bumi Wali Tuban

Markas klub Liga 3 Jatim, Persatu Tuban ini mencuat sebagai calon markas Persela Lamongan pada akhir babak penyisihan Grup 3 di Liga 2 musim ini.

Jarak yang hanya berkisar 2 jam perjalanan dari Kota Soto, menjadi pertimbangan. Selain juga fasilitasnya cukup mumpuni untuk menggelar laga sekelas Liga 2.

Tim Laskar Joko Tingkir sendiri menyisakan jadwal home saat Stadion Surajaya direnovasi. Yaitu menjamu Persipa Pati (17/12/23) selain away ke markas Gresik United (06/12/23).

Stadion Supriyadi Blitar

Venue dengan kapasitas sekitar 8 ribu penonton ini menjadi kandidat home base Deltras FC saat Stadion Gelora Delta Sidoarjo mulai direnovasi pada Desember.

Tim The Lobster sendiri menyisakan 2 jadwal home setelah away ke markas Persela Lamongan (30/11/23). Yaitu menjamu Persipa Pati (08/12/23) dan Persijap Jepara (17/12/23).

Secara verifikasi, Stadion Supriyadi dinilai layak menggelar laga di Liga 2. Karena dulunya menjadi markas Blitar United kala tampil di Liga 2 musim 2019.

Stadion Brawijaya Kediri

Markas Persik Kediri juga muncul sebagai opsi bagi tim-tim tersebut. Fasilitas yang mumpuni cukup memudahkan tim untuk bertanding di sini.

Jadwal Tim Macan Putih di Liga 1 juga tak bentrok dengan Liga 2. Persik bertanding di Stadion Brawijaya menjamu Dewa United (2/12/23) dan PSM Makassar (18/12/23).

Stadion Gelora Bangkalan

Markas Madura United ini bisa jadi opsi yang dipertimbangkan Gresik United, seiring rencana renovasi yang juga dialami Stadion Gelora Joko Samudro dalam waktu dekat.

Jarak yang hanya 2 jam dari Gresik menjadi pertimbangan. Lagipula, Madura United hanya menggelar 1 laga home di Liga 1, yakni menjamu Barito Putera (10/12/23).

Sedangkan Gresik United masih menyisakan 2 laga home di Liga 2. Yaitu menjamu Persela Lamongan (6/12/23) dan PSCS Cilacap (17/12/23).