In-depth

Terakhir Kali AC Milan Main di Liga Europa, Jadi Awal Kebangkitan Rossoneri

Rabu, 29 November 2023 15:54 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Pelatih Stefano AC Milan, Pioli dan penyerang Olivier Giroud. (Foto: REUTERS/Ciro De Luca/Daniele Mascolo) Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Pelatih Stefano AC Milan, Pioli dan penyerang Olivier Giroud. (Foto: REUTERS/Ciro De Luca/Daniele Mascolo)

INDOSPORT.COM – Kenang kembali momen terkahir kali AC Milan main di Liga Europa, meski kehilangan pamor namun saat itu justru jadi titik balik Rossoneri ke jalur juara.

Di musim ini, AC Milan memang berpotensi besar tersingkir dari fase grup Liga Champions lantaran berada di dasar klasemen usai telan kekalahan pada matchday kelima.

Tampil di markas sendiri yakni San Siro pada Rabu (29/11/2023) dini hari WIB, AC Milan malah dipermalukan Dortmund dan kalah 1-3.

AC Milan kebobolan lebih dulu lewat penalti Marco Reus pada menit ke-10’. Beruntung pasukan Stefano Pioli bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-37’ lewat Samuel Chukwueze.

Skor imbang 1-1 bertahan hingga jeda turun minum. Memasuki babak kedua, AC Milan punya banyak peluang buat memimpin, sayang Rossoneri gagal memaksimalkannya.

Justru Dortmund lewat skema serangan baliknya berhasil menambah dua gol lagi lewat aksi Jamie Bynoe-Gittens (59’) dan Karim Adeyemi (69’).

Kekalahan ini membuat AC Milan turun ke posisi juru kunci klasemen Grup F Liga Champions 2023-2024 dengan koleksi lima poin.

Dengan menyisakan satu pertandingan, peluang AC Milan lolos 16 besar terbilang sangat kecil lantaran mereka harus menang dan berharap PSG kalah kontra Dortmund di laga terakhir.

Andai terhenti di penyisihan grup Liga Champions, AC Milan masih bisa berpartisipasi di Liga Europa jika mampu finish di peringkat ketiga.

Berbicara soal Liga Europa, kompetisi kasta kedua Eropa ini cukup familiar dengan AC Milan lantaran beberapa musim terakhir mereka sempat akrab tampil di ajang tersebut.

Menariknya, kali terakhir AC Milan mentas di Liga Europa justru jadi titik balik Rossoneri bisa kembali rajai Liga Italia. Seperti apa kisahnya? Berikut INDOSPORT mengulas: