In-depth

Termasuk Hungaria, Turki, dan Skotlandia, 5 Tim Kuda Hitam yang Bisa Kejutkan Fase Grup EURO 2024

Minggu, 3 Desember 2023 19:59 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Undian fase grup EURO 2024 digelar pada Sabtu (03/11/23) dan kini 24 tim peserta sudah mengetahui siapa saja yang mereka hadapi pada Juni tahun depan. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Undian fase grup EURO 2024 digelar pada Sabtu (03/11/23) dan kini 24 tim peserta sudah mengetahui siapa saja yang mereka hadapi pada Juni tahun depan.

INDOSPORT.COM - Undian fase grup EURO 2024 digelar pada Sabtu (03/11/23) dan kini 24 tim peserta sudah mengetahui siapa saja yang mereka hadapi pada Juni tahun depan.

Meski masih ada tiga slot kosong untuk mereka yang masih berjuang di play off, namun para favorit untuk menjadi juara masih belum berubah.

Prancis diprediksi masih akan jadi unggulan teratas meski mereka belum pernah lagi mengangkat trofi EURO sejak edisi 2000.

Performa apik mereka dalam sejumlah ajang internasional seperti UEFA Nations League maupun Piala Dunia membuat Les Bleus yang dipimpin Kylian Mbappe diyakini akan melaju jauh di Jerman nanti.

Demikian juga Inggris. Meski pelatih Gareth Southgate kerap dianggap sebagai pelatih miskin taktik, namun talenta individu yang dimiliki oleh timnya sudah cukup untuk menjadin mereka salah satu tim paling disegani.

Dapat dipastikan ini adalah kesempatan terakhir bagi The Three Lions untuk bisa juara dengan generasi emasnya di bawah Southgate karena jika tidak, federasi mereka mungkin akan melakukan pergantian manajer.

Namun EURO 2024 bukan cuma soal para favorit karena mereka yang berstatus non-unggulan juga tetap menarik diikuti. Terutama karena kisah underdog menjadi juara bukan sesuatu yang baru di kompetisi antar negara Eropa ini.

Misalnya Denmark (1992) atau Yunani (2004). Tidak menutup kemungkinan edisi tahun depan akan diwarnai cerita yang serupa. Berikut ini adalah lima tim yang kami rasa punya kans besar untuk membuat kejutan di fase grup EURO 2024.

1. Turki

Jelang EURO 2024, Turki melakukan pergantian pelatih dari Stefan Kuntz ke Vincenzo Montella dan sejauh ini hasilnya memuaskan dengan empat laga tanpa kekalahan sejauh ini termasuk kemenangan 2-3 atas Jerman.

Tim berjuluk Ay-Yildizlilar itu memang masuk grup nereka di Grup F bersama Portugal dan Republik Ceko namun dengan talenta-talenta seperti Hakan Calhanoglu, Kenan Yildiz, Orkun Kokcu, Arda Guler, Kerem Akturkoglu, sampai Ferdi Kadiouglu membuat mereka siap untuk bersaing.

2. Kroasia

Di dua Piala Dunia terakhir Kroasia menembus tiga besar namun di EURO mereka justru cuma mampu mencapai 16 besar. Peruntungan The Blazers bisa berubah di EURO 2024.

Mulai bangkitnya pemain generasi baru dalam diri Josko Gvardiol, Luka Sucic, sampai Dion Beljo, akan melengkapi para serdadu berpengalaman seperti Luka Modric, Domagoj Vida, juga Marcelo Brozovic.