Piala Dunia

Piala Dunia U-17 2023 Sukses, FIFA Bakal Sering Lirik Stadion Berkelas di Indonesia

Minggu, 3 Desember 2023 07:52 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Presiden FIFA, Gianni Infantino, saat penyerahan medali ke tim Jerman sebagai juara Piala Dunia U17 2023. Foto: Nofik Lukman Hakim. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Presiden FIFA, Gianni Infantino, saat penyerahan medali ke tim Jerman sebagai juara Piala Dunia U17 2023. Foto: Nofik Lukman Hakim.

INDOSPORT.COM - Setelah penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023 sukses, ada potensi FIFA kembali melirik stadion-stadion berkelas di Indonesia menjadi venue kejuaraan bergengsi.

Ya, lika-liku ajang besar usia muda membuat para pencinta bola bak menaiki roller coaster sepanjang tahun ini. Setelah Piala Dunia U-20 dibatalkan, Indonesia bisa tersenyum karena kebagian Piala Dunia U-17.

Di Piala Dunia U-17 ternyata memiliki level yang luar biasa tinggi. Meski Noah Darvich dkk. bertanding untuk level 17 tahun, skill, teknik, taktik dan mentalitas para pemain sungguh luar biasa.

Jerman pada akhirnya keluar sebagai pemenang usai mengalahkan Perancis lewat drama adu penalti dengan skor 4-3. Sebelum itu, kedua tim berbagi angka 2-2.

Kemenangan ini bak de javu bagi Jerman. Di final UEFA Euro U-17 2023, Jerman juga mengalahkan Prancis melalui drama adu penalti.

Sebanyak 13 ribu penonton yang memadati Stadion Manahan dibuat tersenyum. Ada mantan wasit asal Italia, Pierluigi Collina, yang datang bersama Presiden FIFA, Gianni Infantino.

"Terima kasih banyak kepada negara Indonesia yang indah karena telah menjadi tuan rumah yang hebat dan atas keramahan Anda,

"Semua orang yang terlibat memainkan peran mereka dalam menyatukan dunia melalui permainan yang indah," tulis Gianni Infantino melalui instagram pribadinya, Sabtu (2/12/23) malam WIB.

Ada empat stadion yang digunakan untuk Piala Dunia U-17 2023, yakni Jakarta International Stadium, Gelora Bung Tomo, Stadion Si Jalak Harupat, dan Stadion Manahan Solo.

Jumlah penonton yang hadir dalam ajang ini juga terbilang banyak. Pertandingan final Jerman melawan Prancis sendiri disaksikan 13.037 penonton atau sesuai jumlah tiket yang dicetak.

Antusiasme penonton di Piala Dunia U-17 2023 pun jauh melebihi edisi 2019 ketika berlangsung di Brasil. Di ajang yang sama empat tahun lalu, rata-rata jumlah penonton tak lebih dari 4.000 pasang mata.